Bappenas Belum Tentukan Pembangunan Proyek Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya

Share:

diposkan-kereta-semi-cepat

Diposkan.com – Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengatakan, jika pihaknya belum mengkaji pihak mana yang berhak menggarap proyek kereta semi cepat Jakarta-Surabaya. Padahal sebelumnya pemerintah mengharap Jepang bisa mengerjakan salah satu proyek teranyar pemerintah ini.

“Belum. Itu bukan masalah keputusan. Belum dikaji,” ujar Menteri/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro saat ditemui di Gedung BPPT, Jakarta, Selasa (22/11) yang dilansir dari CBN PORTAL.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan pun menuturkan hal serupa, proyek kereta semi cepat yang diperkirakan akan berkecepatan 185 km per jam tersebut masih belum menunjukkan perkembangan yang berarti.

Sebelumnya Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan pada 11 November lalu memanggil tiga menteri antara lain Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, dan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani.

Baca Juga:   UMKM Dominasi Tax Amnesty pada Oktober 2016

Pertemuan yang membahas perkembangan sejumlah proyek strategis nasional, salah satunya kereta semi cepat Jakarta-Surabaya. Luhut berharap studi kelayakan (feasibilty study) proyek ini bisa segera rampung sebelum akhir tahun.

Dia memastikan studi kelayakan akan tetap dilakukan oleh pihak pemerintah Indonesia yakni BPPT bersama Jepang. Diharapkan akan bisa rampung dalam kurun waktu enam bulan, karena masih ada beberapa jalur yang masih harus dioptimalkan sebelum dilakukan pembuatan rel.

“Jadi kita lihat pertama feasibilty study-nya itu bisa segera tahun depan antara BPPT plus Jepang,” ucapnya saat ditemui di Gedung BPPT, Jakarta, Jumat (11/11) ujar Luhut.

Bappenas Belum Tentukan Pembangunan Proyek Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya | Fisika Fikri | 4.5 | Tag: www kereta cepat jakarta dan surabaya 23 november 2016 com

Kirim Komentar

Berita Lainnya