Harga Gas Sumut Termahal di Dunia, Plt Gubernur Ngadu ke DPR

Share:

tengku-erry-nuradi

Diposkan.com – Pelaksana tugas Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi meminta, pemerintah pusat menurunkan harga gas industri di bawah dibawah US$10 per juta British Thermal Unit (MMBTU) untuk di Sumut.

“Harga gas di Sumut termahal di dunia. Kondisi ini berdampak pada daya saing,” ujar Erry Nuradi di hadapan rombongan Komisi VII DPR RI di Kantor Gubsu Jl Diponegoro Medan, Senin (21/3) seperti yang dilansir dari beritasatu.com.

Erry mengungkapkan, tingginya harga gas industri membuat rendahnya daya saing untuk daerah itu. Padahal, gas merupakan urat nadi pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut. Dirinya juga menilai percuma saja pemerintah mendorong investasi seperti membangun Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei dan Kawasan Strategis Nasional  seperti Danau Toba, dan KSN lainnya apabila persolan energi gas dan listrik masih menjadi kendala.

Sehingga dirinya berharap pemerintah pusat dapat memberikan solusi dalam menghadapi persoalan tingginya harga gas di Sumut. Kondisi ini sudah berlangsung sangat lama, dan berdampak pada masyarakat ekonomi AseanKetua Komisi VII DPR, Gus Irawan menanggapi keluhan Plt Gubernur Sumut itu menyampaikan, persoalan yang sedang dihadapi menyusul tingginya harga gas di Sumut, akan menjadi pembahasan di tingkat pusat nantinya.

Baca Juga:   Paket Kebijakan Ekonomi XII Fokuskan Industri E-Commerce

Menurutnya mahalnya harga gas di Sumut disebabkan gagalnya pembangunan kilang gas di Sumut yang dipindahkan ke Lampung. Kilang yang dibangun dengan alokasi dana mencapai Rp 3 Triliun itu kini juga tidak berfungsi. Tingginya harga gas juga menyebabkan banyak industri di Sumut yang hancur akibat tingginya harga gas.

Cahyadi mewakili PGN menyampaikan, kebutuhan gas industri, komersial dan rumah tangga di daerah tersebut, mencapai 20 MMscfd setiap harinya. Sementara itu, pasokan hanya sebesar 6 MMscfd, sehingga defisit 14 MMscfd. Harga gas US$ 12,22 MMBTU. Untuk menurunkan harga itu memerlukan kebijakan pemerintah.

Sementara itu, Direktur Gas, Energi Baru dan Terbarukan Pertamina, Yeni Andayani menyebutkan, sumber gas di Sumut bersumber dari Pangkalan Susu sebesar 6 MMscfd, Sumur Benggala 2 MMscfd.

Harga Gas Sumut Termahal di Dunia, Plt Gubernur Ngadu ke DPR | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya