Pemusnahan Delapan Kapal Vietnam Ilegal di Kalbar

Share:
Pemusnahan delapan kapal asing asal Vietnam di perairan Pulau Datuk, Kabupaten Mempawah, Kalbar

Pemusnahan delapan kapal asing asal Vietnam di perairan Pulau Datuk, Kabupaten Mempawah, Kalbar

Diposkan.com – Direktur Pengawasan Sumber Daya Perikanan Direktorat Jenderal Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Tyas Budiman memimpin penenggelaman kapal di Pontianak, Senin (22/2).

“Prosesi penenggelaman dipimpin langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti selaku Komandan Satgas 115 melalui live streaming dari Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, yang diledakkan secara serentak,” tuturnya seperti dilansir oleh Kompas.com.

Tindakan ini berdasarkan pada Pasal 76A UU Nomor 45/2009 tentang Perubahan Atas UU No 31/2004 tentang Perikanan, yaitu benda dan/atau alat yang digunakan dalam dan/atau yang dihasilkan dari tindak pidana perikanan dapat dirampas untuk negara atau dimusnahkan setelah mendapat persetujuan Ketua Pengadilan Negeri.

Baca Juga:   Wah, Sekarang Pesan Go-Jek Bisa Dari Aplikasi Line

Pemusnahan kapal asing tersebut terbagi dalam dua tahap. Ledakan pertama meledakkan empat kapal yang dirangkai tepat pukul 11.15 WIB. Sedangkan, empat kapal asing sisanya berhasil diledakkan sekitar pukul 12.00 WIB.

Kegiatan pemusnahan ini masih akan berlangsung di lima lokasi berbeda. Serta, diharapkan akan memberikan efek jera bagi pelakunya.

Kelima lokasi dan jumlah kapal yang akan ditenggelamkan selanjutnya adalah Pontianak sebanyak 8 kapal, Bitung sebanyak 10 kapal, Tahuna sebanyak 2 kapal, Batam sebanyak 10, dan Belawan sebanyak 1 kapal.

Pemusnahan Delapan Kapal Vietnam Ilegal di Kalbar | Metanisa | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya