OJK Ingin KUR Sentuh Semua Sektor

Share:

diposkan-muliaman2

Diposkan.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta bank untuk memperluas segmen penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR). Hal ini bertujuan untuk pemerataan kredit yang bunganya disubsidi pmerintah itu lebih optimal menyentuh semua segmen.

“KUR terus dievaluasi, karena mayoritas masih ke perdagangan. Saya tidak bilang itu jelek, tapi mungkin kita juga harus lebih ke sektor produktif lainnya seperti pertanian, pengolahan, pariwisata, perikanan, dan lainnya,” kata Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Hadad dalam rapatTetapkerja nasional Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia di Jakarta, Senin (21/11) seperti yang dilansir dari koran-jakarta.

Muliaman mengatakan, perluasan KUR menjadi  tantangan tersendiri karena setiap sektor industri memiliki karakteristik bisnis yang unik dan tidak sama dengan sektor lainnya. Selain evaluasi segmen penerima, kriteria penyaluran KUR juga harus dilakukan agar nantinya sektor industri mendapatkan penyaluran KUR sesuai kebutuhan. Hal itu mengacu pada beberapa sektor industri yang tidak bisa menjalankan usahanya setahun penuh karena cuaca seperti petani dan nelayan.

Baca Juga:   OJK Ingin Pasar Modal Jadi Pintu Masuk Dana Repatriasi

“Kami dan instansi lain akan memberikan saran dan masukan bagaimana agar KUR diperbaiki sehingga pembiayaan lebih fleksibel kepada nelayan yang kadang-kadang mereka melaut dan kadangkala tidak karena bergantung cuaca,” kata Muliaman.

Dia dalam kesempatan itu, Muliaman juga menyoroti pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesian tetapi tidak diikuti dengan kemudahan akses pembiayaan. Padahal, sektor tersebut berkontribusi sekitar 56 persen terhadap produk domestik bruto (PDB).

Saat ini OJK sedang menyiapkan beberapa alternatif pembiayaan baru untuk meningkatkan produktivitas mereka, salah satunya melalui kemudahan bagi UMKM mencari dana di pasar modal melalui penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO).

Persiapan ke sana saat ini masih dalam proses inkubator selama tiga sampai lima tahun yang digodok bersama dengan Bursa Efek Indonesia. OJK nantinya akan membuat papan pengembangan UMKM bsersama aturan yang sedang disiapkan.

OJK Ingin KUR Sentuh Semua Sektor | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya