ASBINDO Ingin Perusahaan Pengaju Sertifikasi Halal Transaksi di Bank Syariah

Share:

diposkan-perbankan-syariah

Diposkan.com – Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) mengusulkan agar perusahaan yang mengajukan sertifikasi halal diwajibkan melakukan transaksi di perbankan syariah. Sekretaris Jenderal Asbisindo Ahmad K Permana mengatakan, usulan tersebut terutama ditujukan bagi pengusaha industri makanan yang telah mendapatkan maupun yang hendak mengajukan sertifikasi halal ke Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Menurut kami merupakan suatu hal yang wajar bahwa sebelum dicap halal, diharapkan ada transaksi di payroll atau pendanaannya didapatkan dari bank syariah,” ujar Permana di Jakarta, Senin (21/11) yang dilansir dari republik.co.id.

Permana mengatakan, hal ini dikarenakan sebagai langkah dalam mendukung perkembangan industri syariah dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) di sektor finansial yang akan berlaku 2020. Perbankan syariah membutuhkan dukungan dari sektor riil agar industri perbankan syariah nasional lebih tangguh dan efisien dalam menghadapi bank syariah lainnya di tingkat regional.

Bukan hanya itu, upaya ini akan membuat Indonesia menjadi tuan rumah dalam persaingan pada perbankan syariah mengingat jumlah penduduk Muslimnya sangat besar. Asbisindo menilai, apabila hal ini diterapkan maka diproyeksikan penghimpunan dana pihak ketiga serta pembiayaan bank syariah nasional bisa bertumbuh.

Baca Juga:   Himbara Siap Bangun 10 Ribu ATM

Namun Permana tidak memaksakan selurh transaksi menggunakan perbankan syariah namun dilakukan secara bertahap. Usulan ini telah disampaikan Asbindo dalam workshop bersama dengan Dewan Syariah Nasional MUI (DSN-MUI), dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Permana mengatakan, usulan ini telah mendapatkan sambutan positif dari DSN-MUI.

Menurut Permana, rencana penerapan tersebut tidak akan merebut pangsa pasar bank konvensional. Sebab hal serupa pernah dilakukan untuk pengelolaan dana haji serta umrah.Permana menambahkan, dalam masa transisi pengalihan dana haji dan umrah dari bank konvensional tidak mengalami kendala.

“Dalam merencanakan ini, kita tidak mau industri syariah tidak memiliki justifikasi agar bank konvensional tidak komplain. Saat pengalihan dana haji dari konvensional ke syariah juga dilakukan secara sukarela, tidak ada yang dirugikan dari situ,” kata Permana.

ASBINDO Ingin Perusahaan Pengaju Sertifikasi Halal Transaksi di Bank Syariah | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya