Unit Cyber Crime Polda Jawa Timur Siap Awasi Ujian Nasional Berbasis Komputer

Share:

134218_281764_cyber_crime_29021613

Diposkan.com – Akan dilaksanakannya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dilakukan serentak di Seluruh Indonesia memang membutuhkan pengawasan yang khusus terhadap ujian ini, pasalnya ujian dengan jenis ini baru pertama dilakukan Indonesia.

Menurut data yang diperolah dari Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim, sebanyak 1.306 lembaga sudah menyatakan kesiapannya untuk menyelenggarakan UNBK yang akan digelar pada bulan April tersebut. Namun sangat disayangkan karena daerah di Jombang, Jawa Timur sebanyak 162 lembaga pendidikan menyatakan tidak kesiapannya untuk melaksanakan UNBK ini.

“Jadi sekolah yang siap UN berbasis komputer sebanyak 19 lembaga. Rinciannya, SMK sebanyak 12 sekolah dan SMA sebanyak 5 sekolah, dan MA (Madrasah Aliyah) sebanyak dua sekolah. Seluruh sekolah tersebut sudah melakukan simulasi untuk pematangan menghadapi UN yang kita laksanakan 4 April 2016 mendatang,” Ujar Kepala Bidang Pendididikan Menengah dan Umum (Kabid Dikmenum), Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Jombang, Fatkhurrahman.

Baca Juga:   Beberapa Anak Panti Asuhan di Bantul Diduga Keracunan Tongkol

Dengan adanya Ujian Nasional Berbasis Komputer maka dibutuhkan pengawasan yang cukup intensif dari sisi IT juga, maka dari itu Dinas Pendidikan akan bekerjasama dengan Polda Jawa Timur khususnya unit tim Unit Cyber Crime (UCC) untuk ikut serta dalam mengawasi proses berjalannya Ujian Nasional ini.

“Dengan penggunaan basis IT dalam UNBK tahun ini, pengawasannya akan dilakukan dengan basis IT juga,” Ujar Kepala Bagian Pembinaan Operasi (Kabag Binops) Polda Jatim AKBP Djoko Djohartono.

Selain itu Tim Unit Cyber Crime akan mengantisipasi hal – hal yang mengenai kejahatan yang mengganggu pada Ujian Nasional Berlangsung.

“Jika ada laporan, kami akan segera bergerak menanganinya, seperti pada kasus kejahatan lainnya,” tambahnya.

 

Unit Cyber Crime Polda Jawa Timur Siap Awasi Ujian Nasional Berbasis Komputer | Hendry Setio Prakoso | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya