Google Luncurkan Aplikasi Pesaing WhatsApp, Google Allo

Share:

google-allo-aplikasi-chat-cerdas-penantang-berat-whatsapp

Diposkan.com – Pada acara Google yang baru digelar baru-baru ini Google I/O 2016, Google umumkan mengenai akan diluncurkannya aplikasi chat bernama Allo. Aplikasi yang akan diluncurkan Google ini akan dilengkapi dengan beberapa fitur seperti Google Assistant, pengenal foto serta mode incognito.

Selain itu, Allo kabarnya akan dibekali dengan jaringan dan mesin pencarian Google sehingga akan membuat percakapan menjadi lebih mudah. Allo ini didesain dengan tujuan untuk menyuguhkan percakapan yang lebih cerdas bila dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi percakapan yang lainnya. Untuk memenuhi tujuannya ini, pihak Allo membekali aplikasi Allo ini dengan beberapa kelebihan salah satunya yaitu Allo akan memeanfaatkan riwayat percakapan untuk menhadirkan saran jawaban yang dinilai sesuai untuk merespon percakapan. Respon akan dipersonalisasikan.

Mode incognito yang ada pada apliaksi ini dilengkapi dengan enkripsi end-to-end, kadaluarsa dan notifikasi personal. Menariknya lagi, ketika kita menonaftifkan aplikasi Allo ini, percakapan yang telah terjadi selama menggunakan Allo akan terhapus secara otomatis dan tanpa back up. Hal ini dilakukan bertujuan untuk melindungi percakapan-percakapan yang kiranya bersifat pribadi.

Baca Juga:   Seperti Mimpi Jadi Nyata ! Mobil Ini Bisa Berubah Jadi Robot Lho

The Verge menyebut, mode incognito pada aplikasi ini dikembangkan oleh Open Whisper Systems, dan dibuat berbasis protokol Signal terbuka milik perusahaan ini. Protocol Signal menyematkan sistem enkripsi yang kuat kepada modeincognito yang mendukung Allo.

Yang membedakan Allo dengan aplikasi layanan percakapan lainya seperti WhatsApp yaitu terletak pada adanya pendukung teknologi enskripsi Open Whisper System. Pihak dari Google sendiri menerangkan bahwa pesan yang dikirim melalui aplikasi Allo ini tidak akan dienskripsi secara default, serta pengguna Allo ini dibebaskan ketika ingin berganti saluran pribadi ke saluran yang tidak terlindung dengan mudah.

Padahal aplikasi pesaingnya, WhatsApp tidak mengizinkan bagi penggunanya dalam melakukan downgrade pada saluran yang kiranya tidak terlindung setelah terhubung ke jaringan yang aman.

Karena Allo ini dilengkapi dengan Open Whisper System sehingga aplikasi Allo juga akan menyediakan informasi teknis yang lebih detil, ketika aplikasi ini diluncurkan. Aplikasi Allo ini akan hadir untuk pernagkat Android dan iOS yang kabarnya bakal diluncurkan pada akhir musim panas tahun ini.

Google Luncurkan Aplikasi Pesaing WhatsApp, Google Allo | Ari Purwanti | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya