BI: Laju Inflasi Maret Hanya 0,28%

Share:
sumber: khatrinebutcher.com

sumber: khatrinebutcher.com

Diposkan.com – Bank Indonesia memprediksi inflasi pada Maret 2016 tipis pada level 0,28% dan secara year-on-year mencapai kisaran 4,5%. Angka itu berdasarkan survei BI hingga pekan ketiga bulan ini.
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan, inflasi dari sisi harga yang dikendalikan pemerintah makin terkendali. Namun, yang perlu diwaspadai harga bahan pangan yang masih menyumbang inflasi seperti bawang merah, cabai merah, dan cabai keriting.
“Kita melihat bahwa sumber inflasi di minggu ketiga masih pangan yang bawang merah, cabai merah, cabai keriting. Sedangkan harga daging ayam, telur ayam sudah masuk dalam kategori deflasi,” jelasnya, di Kompleks Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (18/3) seperti yang dilansir dari bisnis.com.
Menurutnya, koordinasi pemerintah baik pusat dan daerah dengan BI mampu melihat kondisi inflasi tahun ini sesuai target yaitu di level 4% plus minus 1%. Kini pihaknya akan memperhatikan naiknya harga pangan yang kerap terjadi pada bulan puasa dan Lebaran Idul Fitri sehingga mengerek laju inflasi.
Badan Pusat Statistik melaporkan deflasi hanya sebesar 0,09% pada Februari 2016. Deflasi disumbang oleh deflasi administered prices dan komponen bahan makanan.
BI: Laju Inflasi Maret Hanya 0,28% | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya