BPS Siapkan 12.000 Petugas Sensus Ekonomi untuk Sumut

Share:

sensus-ekonomi

Diposkan.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara menyiapkan 12.000 petugas untuk melakukan sensus ekonomi mulai 12 Mei 2016. Sensus ekonomi 2016 akan mendata semua jenis usaha yang ada di Sumut sehingga BPS mengharapkan pelaku usaha mendukung penuh kegiatan itu.

Sensus yang digelar setiap 10 tahun sekali itu sudah disosialisaikan dan semakin gencar dilakukan antara lain dengan membagi-bagikan brosur ke toko baik yang ada di luar gedung maupun plaza. Pada bagian palaza, sensus akan dimulai dari Plaza Medan Fair.

Sensus dinilai penting untuk mengetahui peta ekonomi Indonesia sekaligus memudahkan pemerintah mengatur, menyusun strategi dan kebijakan berkaitan dengan perekonomian.

“Hasil sensus diharapkan bisa membantu pemerintah menyusun strategi ekonomi Indonesia lebih baik untuk bisa siap menghadapi persaingan di era global yang sudah dimulai seperti era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA),” kata Kepala BPS Sumut, Wien Kusdiatmono di Medan, Jumat (18/3).

Baca Juga:   Tomedy Jadi Mendakak Kaya, Tabungan Rp 250 Ribu Jadi Rp 100 Triliun

Menurut dia, dari 12.000 petugas yang dipersiapkan, sebanyak 4.000 di antaranya akan bertugas di Medan. Medan menjadi salah satu kota yang berpotensi umtuk didata mengingat banyaknya jumlah industri yang beroperasi. Selain Medan, daerah Deli Serdang dan Langkat juga dinilai daerah potensial untuk sensus ekonomi.

Jenis usaha yang akan didata adalah semua jenis usaha kecuali pertanian. Bahkan usaha online juga akan di data. Hingga dirinya meminta semua pelaku usaha mendukung program itu dengan bersedia memberikan data secara jujur.

Wien juga menjamin data yang didapat tidak akan diberikan kepada pihak manapun dan untuk kepentingan apapun. Bahkan data yang sudah diolah, itupun nanti tidak akan disimpan di BPS. Adapun beberapa pertanyaan yang akan diajukan adalah alamat, jenis, dan omzet usaha yang berkaitan dengan kegiatan usaha.

BPS Siapkan 12.000 Petugas Sensus Ekonomi untuk Sumut | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya