Harga Cabai di Sumut Turun Hingga Rp 26 Ribu

Share:

diposkan-cabe-rawit-naik

Diposkan.com – Harga cabai merah di Sumatera Utara mulai menurun. Tim Pemantau Harga Bahan Pangan Sumut mencatat, pada pekan ini harga cabai merah mencapai rerata Rp26.000 hingga Rp30.000 per kg. Sebelumnya harga cabai yang sebelumnya ada di kisaran Rp 60.000 per kg.

“Gejolak harga pangan pada bulan ini memang sudah mereda setelah selama 4 bulan bergejolak, terutama karena cabai merah. Penurunannya cukup signifikan memang. Tapi ada baiknya pemerintah mempersiapkan sejak dini untuk antisipasi gejolak berikutnya, karena peluangnya cukup besar. Pengelolaan sisi persediaan itu yang harus dilakukan,” jelas Gunawan, Rabu (18/1) yang dilansir melalui bisnis.com.

Harga komoditas pangan lainnya masih ada yang mengalami lonjakan, yakni daging ayam ras. Tercatat harganya mencapai Rp32.500 per kg, dari harga normal Rp28.000 per kg. Gunawan mengatakan, saat ini pedagang ayam sedang mengalami kesulitan kareba konsumen yang mengalihkan konsumsinya.

Kondisi harga bahan pangan pada awal tahun tersebut masih membuat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sumut optimistis laju inflasi pada tahun ini akan berada di bawah rerata nasional. Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumut Difi A. Johansyah mengatakan secara historis, setelah mengalami inflasi cukup tinggi, Sumut akan mengalami deflasi.

Baca Juga:   CEO Twitter Ikut Kicau #RIPTwitter

Baseline-nya sudah tinggi, jadi potensi deflasinya cukup besar. Apalagi cabai merah sudah panen. Justru provinsi lain sekarang sedang mengalami lonjakan harga cabai. Pada Februari 2017 juga Batubara panen cabai,” ujar Difi.

Tak hanya itu, dia menilai Pemprov Sumut melalui Dinas Pertanian Sumut juga telah melakukan antisipasi lonjakan harga cabai merah pada tahun ini yakni ekstensifikasi lahan tanam. Kebijakan yang cukup berhasil dengan fokus menanam cabai merah ini sudah terlihat hasilnya.

Namun Difi menegaskan laju inflasi juga dipengaruhi penyesuaian tarif BBK, dan pencabutan subsidi tarif listrik. Pada 2016 Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut mencatat, laju inflasi tahunan pada 2016 mencapai 6,34%.

Harga Cabai di Sumut Turun Hingga Rp 26 Ribu | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya