Kementerian ESDM Tunjuk Pertamina Kelolah Delapan Blok Migas

Share:

diposkan-blok-migas

Diposkan.com – Pemerintah menugaskan PT Pertamina (Persero) mengelola delapan blok minyak dan gas bumi (migas). Kebijakan ini bertujuan meningkatkan kontribusi Pertamina dalam produksi migas di Indonesia. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, delapan blok migas yang diserahkan ke Pertamina tersebut akan habis masa kontraknya dalam beberapa tahun ke depan.

‎”Ada tambahan 8 wilayah kerja yang sudah habis. Ditugaskan ke PT Pertamina,” kata dia usai menyaksikan penandatanganan perpanjangan kontrak pengolahan blok ONWJ, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (18/1) yang dilansir dari liputan6.com.

Wakil Menteri ESDM ‎Arcandra Tahar mengungkapkan, penyerahan pengelolaan delapan blok migas ke Pertamina merupakan upaya pemerintah mengedepankan kepentingan nasional, dengan memperkuat kontribusi perusahaan migas nasional dalam produksi migas nasional.

Arcandra mengatakan tujuan ini sebagai langkah pertama dalam memenuhi kebutuhan nasional dan akan memperkuat NOC dalam negeri. Perusahaan minyak nasional memegang porsi mayoritas dalam produksi migas di negaranya. Salah satu contohnya Petronas di Malaysia yang berkontribusi diatas 50 persen atas produksi migas. Sementara Pertamina di Indonesia saat ini hanya berkontribusi 24 persen.

Baca Juga:   Komisi VII DPR RI Desak Usut Kementerian ESDM 65 Kejanggalan Laporan BPK

Sehingga Pertamina mendapat prioritas dalam mengelola blok migas, tetapi perusahaan lain masih mendapat kesempatan. Jika Pertamina tidak berminat mengelola blok yang ditawarkan pemerintah atau belum menguasai tekonologi.‎

Kedelapan blok migas yang diserahkan kepada Pertamina antara lainAttaka di tengah laut Kalimantan Timur, South East Sumatera di Sumatera Selatan, East Kalimantan di Kalimantan Timur, North Sea Blok A di Laut Natuna Barat,  North Sumatera Offshore di Sumatera Utara, Ogan Komering di Sumatera Selatan, Sanga-Sanga di Kalimantan Timur, dan Tuban Jawa Timur.

Kementerian ESDM Tunjuk Pertamina Kelolah Delapan Blok Migas | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya