Jokowi Harap Hati-Hati Terapkan Satu Harga BBM di Papua

Share:

diposkan-jokowi-di-papua

Diposkan.com – Pernyataan  kebijakan penyetaraan harga bahan bakar minyak di Papua dengan harga BBM di Jawa yang ditetapkan Presiden Joko Widodo dinilai akan menjadi beban bagi pemerintah Indonesia dalam jangka panjang.

Saat ini, harga BBM di Papua rata-rata mencapai tujuh hingga 14 kali lipat dibandingkan harga di Pulau Jawa. Di Kabupaten Puncak, misalnya, harga BBM berkisar antara Rp50.000-Rp100.000 per liter. Direktur Eksektutif Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwan mengatakan, mahalnya harga BBM di Papua disebabkan biaya transportasi. Apalagi daratan di Papua dipenuhi pegunungan dan lembah.

“Presiden harus hati-hati betul untuk berhitung karena kalau pemerintah tidak bisa memenuhi kan dianggap ingkar janji, untuk membawa dan mendistribusikan BBM di Papua biayanya cukup besar,” kata Fabby yang dilansir bbc.com.

Demi menyetarakan harga BBM di Papua dengan harga BBM di Pulau Jawa, Pertamina harus menanggung biaya logistik dan distribusi BBM di Papua yang tidak sedikit. Dirut Pertamina, Dwi Soetjipto, mengaku kebijakan ‘satu harga BBM’ akan menyebabkan Pertamina merugi Rp800 miliar.

Baca Juga:   Perusahaan Lakukan PHK Massal Dengan Alasan Perekenomian Merosot

Kerugian itu, kata Fabby Tumiwa, akan bisa tertutup melalui subsidi pemerintah. Namun, dia mewanti-wanti apabila kebijakan itu dipertahankan dalam jangka panjang.  Namun hal ini akan berdampak meningkatnya konsumsi BBM yang juga akan menambah beban subsidi dari pemerintah.

Fabby memperkirakan beban subsidi kepada Pertamina yang harus ditanggung pemerintah tidak akan mencapai puluhan triliun rupiah. Beban ini akan bertambah mengingat ada wilayah selain Papua yang juga mengalami kesulitan BBM karena masalah logistik dan distribusi. Wilayah-wilayah itu, kata Fabby, pun mesti mendapat perhatian.

Sehingga ia menyarankan aga pemerintah mulai mengembangkan energi terbarukan untuk jangka panjang etimbang memberi subsidi BBM ke wilayah terpencil dalam jumlah besar, Fabby menyarankan pemerintah Indonesia. Apalagi beberapa daerah seperti di Kalimantan juga mengalami kesulitan BBM.

Jokowi Harap Hati-Hati Terapkan Satu Harga BBM di Papua | Fisika Fikri | 4.5 | Tag: jokowi terapkan bbm satu harga di papua

Kirim Komentar

Berita Lainnya