Sri Mulyani Akui Tax Amnesty Berpengaruh Kepada Nilai Tukar Rupiah

Share:

sri-mulyani-akui-tax-amnesty-berpengaruh-kepada-nilai-tukar-rupiah

Diposkan.com – Tantangan global harus dihadapi Indonesia agar bisa bertahan bahkan memperbaiki nilai tukar rupiah, meskipun beberapa waktu yang lalu nilai tukar rupiah sempat membaik dan akhirnya mengalami koreksi namun hal tersebut tidak terlalu banyak.

Apalagi Sri Mulyani, Menteri Keuangan mengatakan perlu mewaspadai adanya pertemuan dengan IMF dan Bank Dunia. Karena dalam akhir – akhir ini berhembus mengenai kabar kenaikan suku bunga yang akan dimulai tahun ini dan tahun depan.

“Yang perlu diwaspadai dari pertemuan IMF dan World Bank, Janet Yallen memberikan pemaparan mengenai rencana kenaikan suku bunga akhir tahun ini dan tahun depan. Pertemuan The Fed yang terakhir data bahwa ekonomi AS mengalami penguatan cukup solid terutama employment. Sehingga pertemuan The Fed sebetulnya hampir diputuskan kenaikan tapi memberikan waktu karena ketidakpastian pemilu,” Ujar Sri Mulyani yang dilansir oleh lipu

Baca Juga:   Sri Mulyani : Tidak Sehat Ketergantungan Kepada Bank

Selain itu Sri Mulyani menyoroti masalah nilai tukar rupiah yang membaik terjadi sampai akhir September, hal itu diungkapnnya karena memang terdapat program tax amnesty. Meskipun begitu Sri Mulyani tetap mewaspadai hal yang lain yaitu minimnya pertumbuhan ekspor impor.

“Sampai akhir September lalu nilai tukar rupiah mendapat sentimen positif munculnya realisasi tax amnesty yang cukup mengesankan pada September ini menyebabkan nilai tukar di bawah Rp 13 ribu per dolar AS,” Imbuhnya.

“Kuartal ini dan tahun ini pertumbuhan ekspor impor akan sangat rendah. Pertama dalam sejarah perekonomian dua dekade terakhir pertumbuhan ekspor impor hanya separuh pertumbuhan dunia. Biasanya lebih tinggi dari rata-rata,” Terusnya.

Sri Mulyani Akui Tax Amnesty Berpengaruh Kepada Nilai Tukar Rupiah | Hendry Setio Prakoso | 4.5 | Tag: tax amnesty yang berpengaruh terhadap nilai tukar rupiah november 2016

Kirim Komentar

Berita Lainnya