Hati-Hati, Trojan Ini Menyamar Jadi Panduan “Pokemon Go”

Share:

trojan-diposkan

Diposkan.com – Game Pokemon Go memang tengahdigandrungi masyarakat di seluruh dunia. Namun ternyata ketenaran game ini disalah gunakan oleh para penjahat cyber untuk membuat program berbahaya.

Salah satu program jahat yang dirancang adalah trojan yang menipu pengguna Android sebagai panduan untuk game yang menyajikan pengalaman menangkap Pokemon tersebut.

Firma keamanan Kaspersky mengungkapkan bahwa trojan ini menyamarkan diri sebagai software “Guide for Pokemon Go” dan saat ini sudah beredar di toko aplikasi Android Google Play Store.

Hingga saat ini setidaknya sudah 500.000 kali trojan tersebut diunduh dan sedikitnya 6.000 perangkat terinfeksi. Dari ribuan perangkat yang terinfeksi, Indonesia menjadi salah satunya.

Lalu apa bahaya dari trojan ini ?

Baca Juga:   Meluncur Tahun Depan, iPhone 8 Akan Berbalut Material Kaca ?

Bagi ponsel yang sudah terinfeksi , maka trojan dapat merebut hak akses di ponsel pengguna Android sehingga ponsel akan memasang atau menghapus aplikasi dengan sendirinya , serta menampilkan iklan pada ponsel.

“Jika Anda telah terinfeksi, maka ada orang lain di dalam ponsel Anda yang memiliki kontrol atas OS dan semua yang Anda lakukan dan simpan di dalamnya,” ujar Analis Malware Senior Kaspersky, Roman Unuchek dikutip dari kompas.com (17/09/2016).

Pihak Kaspersky menyarankan bagi pengguna yang smartphonenya sudah terinfeksi trojan agar melakukan factory reset.

Bagi Anda yang smartphone belum terinfeksi tidak perlu khawatir, pasalnya trojan tersebut kini sudah dihapus dari Play Store.

Hati-Hati, Trojan Ini Menyamar Jadi Panduan “Pokemon Go” | Ari Purwanti | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya