Menteri Enggar Jaga Stabilitas Harga Gula Kunjungi Produsen Gula di Lampung

Share:

diposkan-pabrik-gula

Diposkan.com – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengunjungi PT Pemuka Sakti Manis Indah (PSMI), pabrik gula di Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung, Sabtu sore (17/9). Dalam kunjungan itu Enggar mengatakan, pemerintah menginginkan terwujudnya swasembada gula. Untuk itu, industri gula sejak hilir hingga hulu harus dipacu untuk berkembang. Demi menjaga ketersediaan serta stabilisasi harga.

“Kita ingin produksi gula pasir mencukupi, dengan demikian harganya juga bisa dikontrol,” kata Enggar seperti yang dilansir dari inilah.com.

Kunjungan yang dilakukan dalam rangka mempercepat perwujudan swasembada gula pasir dan menjaga harga gula pasir menjadi murah. Untuk gula pasir murah pemerintah mematok harga maksimal Rp 12.500 per kg di tingkat konsumen.

Mendag Enggar, pendekatan ke produsen gula pasir merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan harga gula di pasaran yang stabil dan terjangkau. Pihaknya meminta produsen gula untuk memberikan harga sesuai dengan standar pemerintah dan dicantumkan dalam label kemasannya.

Enggar mengatakan sebagai timbal balik pihaknya akan memberkan bantuan kepada produsen gula untuk mempermudah pemberian izin lahan baru melalui koordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Kementerian BUMN.

Selain itu, kata Enggar, pemerintah juga akan mempermudah pemberian izin untuk mengolah raw sugar di masa jeda produksi dengan catatan tidak menyusahkan petani tebu. Saat ini Provinsi Lampung merupakan produsen gula pasir terbesar kedua di Indonesia, dengan produksi total gula pasir secara nasional sebesar 2,3 juta ton pada 2015.

Pemerintah menargetkan akan ada peningkatan produksi gula pasir nasional hingga 3 juta ton mulai 2016. Penambahan tersebut seiring dengan pembukaan 10 pabrik gula baru dan ekspansi 15 pabrik gula di Indonesia mulai awal 2016.

Baca Juga:   Bulog Akan Tampung Hasil Pertanian Petani

Selain berkunjung ke pabrik gula di Kabupaten Waykanan, Mendag Enggartiasto Lukita yang menggunakan helikopter, juga mengunjungi perusahaan penggemukan dan breeding sapi di Kabupaten Lampung Timur. Pada hari berikutnya Minggu (18/9) Enggar beserta rombongan meninjau sejumlah perusahaan di Kabupaten Lampung Timur dilanjutkan.

Menteri Enggar Jaga Stabilitas Harga Gula Kunjungi Produsen Gula di Lampung | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya