Pemerintah Siapkan Formula Harga Gas Murah Bagi Industri

Share:

diposkan-gas-industri2

Diposkan.com – Kementerian Perindustrian melaporkan progres pembahasan penurunan harga gas untuk industri. Sesuai instruksi Presiden Jokowi yang ingin harga gas US$6 per MMBTU. Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, untuk mewujudkan harga gas yang murah bagi industri, semua pihak harus ikut serta, termasuk juga industri itu sendiri.

“Jadi jangan kerana ketidakefisienan industri menyebabkan tuntutan terhadap gas yang lebih banyak. Jangan sampai industri yang tidak efisien klaim butuh gas lebih banyak, dan harga akhir produksi industri itu. Jadi kalau harga produk industri naik, harusnya yang menyediakan gas ikut menikmati. Makanya mau dibuat variabelnya nanti,” papar Putu di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (17/11) seperti yang dilansir dari inilah.com.

Putu menambahkan, pemerintah saat ini sedang menyusun sebuah formula yang nantinya bisa menurunkan harga gas. Sehingga jika tak ada kendala peraturan menteri (Permen) yang mengatur penurunan harga gas untuk industri, terbit minggu depan.

Baca Juga:   Jokowi Evaluasi Paket Kebijakan Ekonomi

Namun harga gas ini diharapkan tidak konstan berada di level US$ 6 per MMBTU. Melainkan harus bergerak mengikuti perkembangan ekonomi. Untuk itu perlu adanya satu formula yang bisa dijadikan dasar untuk menetapkan harga gas mengikuti kondisi ekonomi.

“Tadi tidak memustuskan harga. hanya memutuskan mekanisme saja. mekanisme hitung gas. Jadi yang pasti komponen gas, ada harga hulu, komponen efisiensi industri. Jadi kan mengikuti harga hulu gas, kemudian mengikuti harga produk akhirnya,” tambahnya.

Untuk sementara, kata Putu, pemerintah baru bisa memfasilitasi 3 industri saja, dari 7 industri yang diinginkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), industri pupuk, petrokimia, dan baja. Ke depannya, akan dibahas industri lainnya yang kita berhak memperoleh gas industri dengan harga miring.

“Sisanya tahap berikutnya dibicarakan, baru tadi itu dibicarakan tetapkan pakai formula. Tiga (industri) sudah disepakati pakai formula. Itu diserahkan ke tim kecil untuk dihitung,” tandasnya.

Pemerintah Siapkan Formula Harga Gas Murah Bagi Industri | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya