Budi Bentuk Satgas OPP Cegah Pungli di Kemenhub

Share:

diposkan-budi-karya

Diposkan.com – Setelah terkuaknya praktik pungli di bagian pelayanan perizinan pada Selasa lalu (11/10), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi langsung bergerak cepat mengecek kerja pegawainya. Menhub memastikan operasi pemberantasan pungli (OPP) akan memberi efek jera hingga ke daerah-daerah.

“Kita tidak mau melukai banyak orang, kita mau memang hanya pada orang yang bermasalah, apa yang kita lakukan di Jakarta itu adalah shock therapy, kita harapkan ini menjadi semacam bisa jadi efek jera kepada semua pihak di semua perhubungan,” kata Menhub Budi Karya disela-sela kunjungan kerjanya di Jaka Baring, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (15/10) seperti yang dilansir dari detik.com.

Menhub mengatakan OPP telah berdampak banyak salah satunya pegawai yang kini berhati-hati dalam bersikap dan memberlakukan sistem terutama pelayanan ke masyarakat. Budi menambahkan jika dirinya menghimbau para pegawai untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan peraturan dan Undang-undang.

Salah satu efeknya, Menhub Budi Karya telah memutasi ratusan pegawainya yang dianggap bermasalah. Bahkan dirinya telah melakukan mutasi kurang lebih 163 pegawai, tapi dirinya membantah jika mutasi dilakukan karena hanya disebabkan OPP.

Baca Juga:   Dana Mudik Gratis 2016 Meningkat Empat Kali Lipat

“Mutasi itu sendiri tidak semata-mata itu mungkin 20% dari jumlah itu yang kita indikasikan ada problem, tapi yang lain yang bagus-bagus,” ujarnya.

Tidak hanya itu, mengingat ini merupakan gerakan nasional yang telah diinstruksikan khusus oleh Presiden Jokowi, Menhub juga telah menyiapkan tim khusus untuk memantau dan menindaklanjuti kasus pungli tersebut. Dirinya juga telah membuat Satgas (satuan tugas), tim ad hoc, jadi kita tetapkan satu tahun yang terdiri dari tiga Eselon I dari internal dan dua dari eksternal yaitu dari perwakilan ICW (Indonesia Corruption Watch) dan perwakilan YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) yang memantau perkembangan proses tindak lanjut itu.

Budi menambahkan jika satgas ini direncanakan akan diluncurkan pada hari ini beserta personelnya yang akan mengevaluasi progres daripada upaya kita untuk berpartisipasi dalam OPP. Dia menegaskan apabila terjadi di daerah-daerah maka akan diserahkan kepada Kapolda dan Kapolres masing-masing daerah agar segera ditindak dan kemudian didistribusikan ke pihak Kemenhub.

“Jadi tanpa bermaksud untuk melukai banyak orang lebih baik berhenti jadi kita bekerja lebih enak, lebih memberi makna bagi negeri ini,” tutupnya

Budi Bentuk Satgas OPP Cegah Pungli di Kemenhub | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya