Meteorit dengan Berat 34 Ton Ditemukan di Argentina

Share:

meteorit-diposkan

Diposkan.com-Tim pemburu meteorit berbasis Chaco, Argentina berhasil menemukan batu raksasa yang telah terkubur di dalam tanah selama sekitar 4.000 tahun lalu.

Batu yang diberi nama Ganoedo tersebut ditemukan oleh tim dari Astronomy Assocation Chaco pada 10 September kemarin setelah menggali beberapa meter tanah dan kemudian menyelamatkan batu meteroit tersebut.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Space.com, batu meteoroid Ganoede tersebut kabarnya beratnya mencapai 34 ton dan bermuatan zat besi. Nama Gnoede diberikan pada batu tersebut lantaran terinspirasi dari desa tempat batu tersebut ditemukan.

Batu meteorid Ganoedo ini termasuk ke dalam salah satu batu meteorid yang tergolong raksasa. Namun walau begitu, batu ini bukan batu yang mencetak rekor dari segi ukuran karena sebelumnya sudah lebih dulu batu meteorid dengan berat 60 ton yang diberi nama meteorit Hoba West yang di temukan di Namibia yang telah mencetak rekor sampai saat ini.

Baca Juga:   Smartphone terbaru Huawei Mate 9 Akan Dibekali Dual-Camera Combo, 12MP dan 20MP

Sementara meteorit besar lain yang ditemukan di tempat yang sama seperti Gancedo adalah El Chaco, dengan ukuran 37 ton.

Memang wilayah perbatasan antara provinsi Chaco dan Santiago del Estero merupakan tempat di mana ditemukannya meteorid yang mempunyai komposisi zat besi. Selain itu, meteorid yang ditemukan disana juga sebagian besar usianya 4.000 tahunan. Sejauh ini tercatat ada 26 kawah yang ditemukan dan sekitar 100 ton sampel meteorit ‘diselamatkan’ dari bawah tanah.

 

Meteorit dengan Berat 34 Ton Ditemukan di Argentina | Ari Purwanti | 4.5 | Tag: batu meteorit di argentina, domino 99 pulsa

Kirim Komentar

Berita Lainnya