Menlu Retno Marsudi Dilarang Melintas Ke Palestina

Share:

tki-karawang-divonis-mati-di-uea-ini-lobi-menlu-retno-8xA

Diposkan.com – Kemelut antara Israel dan Palestina tidak hanya berdampak pada kehidupan Negara tersebut saja, namun kemelut tersebut juga berdampak pada Negara yang berhubungan langsung kepada Negara – Negara tersebut. Salah satunya dampak yang dirasakan Indonesia adalah dilarangnya Menteri Luar Negeri Retno Masudi untuk melintasi Negara Palestina oleh Israel, padahal Menlu akan menghadiri pelantikan Konhor pertama Indonesia di Palestina.

Seperti keterangan pers yang dikeluarkan oleh pihak Kemenlu, Retno Marsudi rencanya akan melantik Konhor Indonesia di Palestina. Upacara tersebut juga dihadiri oleh Duta Besar Negara – Negara ASEAN dan wakil dari OKI.

“Menlu RI, Retno Marsudi, telah melantik Konhor pertama Indonesia di Palestina, Maha Abu-Shusheh, yang berkedudukan di Ramallah pada 13 Maret 2016. Upacara pelantikan yang dilakukan di KBRI Amman dihadiri oleh Menlu Palestina, Dr. Riyad al-Maliki, para Duta Besar negara-negara ASEAN dan OKI di Amman, Ketua Komisi I DPR-RI, Mahfudz Siddiq, Duta Besar RI untuk Yordania, Teguh Wardoyo, serta para tokoh dan pejabat pemerintahan Palestina dan Yordania,” Tertulis dalam keterangan persnya.

Baca Juga:   India Resmi Beli Kereta Cepat dari Jepang

Sedianya Menlu akan melantik Konhor RI untuk Palestina yang ada di KBRI Amman, namun karena masalah tidak diberi izin over flight maka helicopter Angkatan Udara Jordan enggan terbang menuju Palestina.

“Pelantikan Konhor RI untuk Palestina dilakukan di KBRI Amman karena beberapa saat menjelang keberangkatan Menlu RI beserta delegasi menuju Ramallah, Israel tidak memberikan izin over flight bagi helikopter Angkatan Udara Jordan yang akan membawa Menlu RI,”  Tambahnya.

Dalam keteranganya tersebut, Indonesia tidak akan menyurutkan langkahnya untuk tetap melantik Konhor RI Ramallah.

“Tidak diberikannya izin over flight tersebut tidak menyurutkan determinasi Indonesia untuk melantik Konhor RI Ramallah. Dengan pengaturan yang sangat cepat, maka pelantikan dapat dilakukan di Amman dengan lancar,”  Tambahnya.

 

 

 

Menlu Retno Marsudi Dilarang Melintas Ke Palestina | Hendry Setio Prakoso | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya