Peretas Berhasil Mencuri US$ 80 juta Dari Bank Sentral Bangladesh

Share:

18hyfk3t3yfo7jpg

Diposkan.com – Peretas dunia maya atau yang biasa disebut dengan cracker bukan hanya ada di film – film saja. Namun dalam dunia nyata cracker memang ada, salah satu kejadian yang melibatkan cracker adalah kasus pencurian uang yang ada  di Bank Sentral Bangladesh.

Tak tanggung – tanggung para cracker tersebut berhasil membawa uang US$ 80 juta yang diseimpan di Bank Sentral Newyork. Kemungkinan para cracker tersebut sudah memantau aktivitas transaksi di bank tersebut selama berminggu – minggu.

Mereka memantau aktivitas perbankan tersebut menggunakan sebuah malware yang sudah ditancapkan di sebuah komputer di bank tersebut. Dan kemungkinan mereka menyerang Sistem SWIFT. Sistem SWIFT ini sudah dipakai dibeberapa bank dunia untuk urusan transaksi, agar bisa melindungi komunikasi finansial.

Baca Juga:   Rencana Indonesia Bergabung Di Trans Pasific Partnership

Pihak SWIFT dan Bak Sentral Bangladesh masih bekerjasama untuk menyelesaikan hal ini, namun SWIFT sendiri tidak akan terganggu dengan masalah ini dan semua transaksi berjalan seperti biasanya.

“SWIFT dan Bank Sentral Bangladesh bekerja sama untuk menyelesaikan masalah operasi internal di Bank Sentral Bangladesh. Saat ini sistem inti SWIFT tidak terpengaruh akibat peretasan tersebut dan beroperasi normal,” Klarifikasi dari pihak SWIFT.

Aliran dana yang dicuri oleh cracker tersebut sudah bisa dilacak keberadaanya, antara lain sebagian uang lari ke kasino yang ada di Filipina dan sekitar $20 Juta lari ke sebuah organisasi nirlaba yang ada di Sri langka.

 

Peretas Berhasil Mencuri US$ 80 juta Dari Bank Sentral Bangladesh | Hendry Setio Prakoso | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya