Komnas HAM Awasi Penggusuran Di Kalijodo

Share:
Komnas HAM Awasi Penggusuran Di Kalijodo

Komnas HAM Awasi Penggusuran Di Kalijodo

Diposkan.Com – Hafid Abbas, selaku Komisioner Komnas HAM (Hak Asasi Manusia) berjanji untuk meninjau lokasi yang ada di Kalijodo, Jakarta Barat yang akan di gusur PemProv (Pemerintah Provinsi) DKI Jakarta. Beliau pun akan memastikan supaya proses penggusuran nantu bisa sesuai dengan hukum hukum yang sudah berlaku.

“Kami akan mengawasi atau memantau keadaan yang ada di lapangan, jangan sampai ada penggusuran yang tidak ada alasan hukum yang jelas,” ucap Hafid Abbas di Jakarta pada Hari Senin, 15 Februari 2016.

Seperti yang kita ketahui bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana untuk menggusur lokalisasi di Kalijodo sekaligus mengembalikan fungsinya, yaitu sebagai RTH (Ruang Terbuka Hijau).

Selain itu pula, Hafid pun mengatakan bahwa menurut surat sosialisasi Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, atau biasa di sapa Pak Ahok, penggusuran ini akan dilakukan karena pemukiman yang ada di Kalijodo adalah lahan hijau yang dimiliki oleh pihak pemerintah.

Baca Juga:   Kecelakaan Maut Toyota Fortuner Di Bekasi

Warga yang bermukim di daerah tersebut rencananya akan di relokasikan ke rumah susun. Komnas HAM pun telah menegaskan bahwa mereka akan mengawasi ke 2 belah pihak agar bisa mengambil keputusan yang tepat dan benar.

“Baru nantinya kami akan sikapi, seperti apa dan juga bagaimana pemerintah dan juga para wargapun harus bertindak,”ujarnya lagi.

Para warga Kalijodopun sebenarnya menolak untuk relokasi ke rumah susun, sebagaimana rencana Pemerintah Provinsi, mereka mengklaim bahwa sudah membayar pajak bumi dan juga bangunan atau pbb atas tanah yang selama ini mereka tempati.

“Kami sudah membayar uangnya kurang lebih sebesar Rp.16.000.000 setahun,” kata salah seorang warga yang bernama Leonard Eko.

Komnas HAM Awasi Penggusuran Di Kalijodo | Riko Yudiansa | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya