Ekonom UI: Saatnya Turunkan Harga BBM

Share:

bbm

Diposkan.com –  Ekonom Universitas Indonesia, Rizal Edi Salim, berpendapat pemerintah perlu segera menyesuaikan harga bahan bakar minyak (BBM) hal ini dikarenakan dengan melihat kondisi harga minyak dunia saat ini yang mengalami penurunan. Menurutnya, ini adalah momentum yang bisa dimanfaatkan mendorong perekonomian domestik lebih produktif.

“Prinsipnya memberi keadilan pada masyarakat memberi sinyal kehadiran negara di tengah masyarakat dan minyak dunia naik harga dinaikan, ketika turun didiamkan,” kata Rizal dalam Diskusi Energi Kita di Hall Dewan Pers Jakarta, Minggu (14/2) seperti yang dilansir oleh tempo.co.

Rizal juga mengatakan apabila harga BBM turun tidak hanya berdampak pada perekonomian domestik yang lebih produktif namun juga akan berdampak pada sektor yang lain. Hal ini dikarenakan saat BBM tidak otomatis membuat harga produksi lain turun. Namun perusahaan  akan melakukan adjustment terhadap ongkos produksinya.

Baca Juga:   JK Yakin BI Rate Kembali Turun Agustus Mendatang

Sehingga dengan semakin efisien produktivitas perusahaan, efek turunannya akan berdampak. Ia juga mencontohkan dunia perbankan akan berekspansi dalam pemberian kredit konsumsi dan permodalan yang akan membantu perekonomian domestik berjalan.

Rizal juga menjelaskan sebenarnya penurunan BBM sudah dapat dilakukan sejak 2015. Sebab pada 2015 telah ada kecenderungan harga minyak dunia turun dan tekanan terhadap ekonomi domestik kuat sekali. Sehingga daya beli masyarakat terganggu.

Sementara itu, Direktur Pembinaan Usaha Hulu Minyak dan Gas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Agus Cahyono Adi mengatakan pemerintah telah memberlakukan peraturan evaluasi per tiga bulan dalam penentuan harga minyak yang akan dimulai pada akhir Maret, untuk diberlakukan awal April.

Ekonom UI: Saatnya Turunkan Harga BBM | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya