Indonesia – Eropa Bahas Masalah Tenaga Kerja

Share:

diposkan-indonesia-cepa

Diposkan.com – Perundingan Indonesia-European Union Comprehensive Economic Patnership Agreement (IEU-CEPA) terus dimatangkan. Salah satunya masalah tenaga kerja yang menjadi poin kesepakatan. Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dakiri, mengungkapkan negara-negara Eropa membidik dokter dan perawat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan di sana.

“Cukup banyak, salah satu yang mereka minta dokter, tapi soal itu masih harus bicarakan dulu dengan (Kementerian) Kesehatan, pertemuan ini bukan pertemuan perundingan atau negosiasi, hanya audiensi biasa. Perundingannya nanti pasti akan melalui forum diskusi lanjutan Indonesia dan Uni Eropa,” kata Hanif usai pertemuan dengan para duta besar UE di Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta, Selasa (14/2) seperti yang dilansir melalui detik.com.

Selain dokter, sambung dia, negara-negara Uni Eropa juga mengalami kekurangan tenaga kesehatan lainnya, yakni perawat. Kemudian di sektor maritim, juga masih sangat terbuka peluang kerja pelaut di sana. Hanif menambahkan pihaknya akan memfokuskan permasalahan tenaga kerja yang sangat berpeluang.

Baca Juga:   Data Inflasi Dirilis, IHSG Menguat pada Awal Pekan

Kendati demikian, pihaknya belum secara spefisik merundingkan sektor tenaga kerja. Selain menyampaikan kebutuhan tenaga kerja di Eropa untuk pekerja Indonesia, sebaliknya Uni Eropa mengusulkan tenaga kerja mereka yang ada di Indonesia memiliki izin durasi kerja lebih dari setahun.

“Mengenai soal penggunaan tenaga kerja asing, mereka ingin ada kemudahan-kemudahan dalam pengurusan izin tenaga kerja asing, yang menyangkut durasinya, dalam aturan kita kan setahun saja, mereka minta durasinya jadi 2 tahun, atau agar sekalian panjang 5 tahun atau berapa, itu akan jadi catatan kita,” ucap Hanif.

Pada pertemuan kali ini juga telah menyepakati peluang antara Indonesia dan Eropa. Namun dalam diskusi kali ini pihaknya dan duta besar hanya menyampaikan permasalahan Indonesia dan tenaga kerja asing.

Indonesia – Eropa Bahas Masalah Tenaga Kerja | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya