DPR Khawatirkan Dampak Bebas Visa Kunjungan

Share:

diposkan-bebasvisa

Diposkan.com – Kebijakan pemberian bebas visa dikhawatirkan akan berimbas munculnya masalah keamanan negara. Hal ini dikarenakan akan mengundang para tenaga kerja asing masuk ke Indonesia. Sehingga pemerintah sebaiknya  mengkaji lagi kebijakan yang ternyata masih menuai pro dan kontra.

mengakui kebijakanbebas visa akan berdampak pada membanjirnya tenaga kerja asing (TKA) ke Indonesia yang menimbulkan masalah keamanan.

“Sebab maraknya tenaga kerja asing ini rentan terhadap konflik sosial, karena kecemburuan sosial. Masalah sosial terjadi, kemudian datang pekerja yang hanya bida bahasa daerah Shanghai, dan itu jelas nggak nyambung,” kata Wakil Ketua Komisi I DPR RI, TB Hasanudin di Jakarta, Rabu (14/9) seperti yang dilansir dari tribunnews.com.

Menurut politikus PDI Perjuangan ini, terungkap jika upah TKA lebih tinggi dengan warga lokal, termasuk akomodasi juga lebih baik untuk asing. Padahal seharusnya pemerintah memperkuat ketenagakerjaan lokal dengan empat arah kepentingan. Pertama, melindungi hak-hak tenaga kerja Indonesia, kedua, menjadikan tenaga kerja lokal sebagai tuan rumah di negara sendiri.

Baca Juga:   Total Emisi Obligasi Sepanjang 2016 Capai Rp 102 Triliun

Ketiga, adanya peningkatan kapasitas tenaga kerja Indonesia dan keempat, menjamin terselenggara serikat pekerja indonesia.

“Makanya DPR sepakat soal visa bebas 100 negara akan kita tinjau setelah setahun dilaksanakan. Tapi Kemenlu harus ada negara-negara distop, terutama yang membahayakan. Seperti Afrika, atau negara yang rawan konflik agar diputuskan untuk distop,” tuturnya.

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) meminta pemerintah untuk mengkaji ulang kebijakan Pemerintah yang akan memberlakukan bebas visa kepada sejumlah negara.

“Karena kebijakan itu berpotensi besar terjadi penyalahgunaan izin masuk Indonesia yang dikatakan untuk wisata namun digunakan untuk bekerja di Indonesia,” kata Sekjen KSPI, Subiyanto.

DPR Khawatirkan Dampak Bebas Visa Kunjungan | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya