Tips Memilih dan Membeli Ban Mobil

Share:

 

Tips Memilih dan Membeli Ban Mobil

Diposkan.com – Salah satu komponen penting dalam kendaraan adalah ban, termasuk kendaraan mobil. Mobil harus menggunakan ban yang cocok agar terhindar dari segala kemungkinan buruk yang ada. Bahkan ban juga disebut sebagai salah satu komponen keselamatan dalam berkendara. Karena itu, bagi pemilik mobil, sebaiknya selalu memperhatikan kelayakan dan kualitass ban.

Seperti dikutip dari Detik Oto, berikut ini beberapa tips yang mesti diperhatikan dalam memilih dan membeli ban yang tepat:

  • Pastikan ukuran ban sesuai dengan spesifikasi kendaraan. Anda dapat melihat ukuran standar ban pada buku manual. Di dalam buku manual dijelaskan ukuran dan spesifikasi ban yang direkomendasikan. Dengan membeli ban yang sesuai dengan rekomendasi, dapat menghindari efek samping yang tidak diinginkan. Ban yang memiliki ukuran lebih kecul dari standar, akan membuatnya cepat panas dan kelebihan bebas. Sedangkan kalau kebesaran, ban dapat menggesek komponen mobil di sekitar area ban dan merusak kondisi ban itu sendiri
  • Setiap mobil memiliki jenis rekomendasi tersendiri tergantung dari jenis mobil itu. Sebagai contoh, mobil jenis sport tertentu akan lebih cocok menggunakan jenis ban untuk jalanan kering. Sedangkan mobil SUV dan pick up perlu ban yang lebih kuat karena jumlah bebannya cukup besar dan kerap melewati jalanan kurang mulus.
  • Pilihlah alur ban yang sesuai dengan rekomendasi atau kondisi. Sebaga contoh Anda dapat memilih alur ban yang memiliki simbol m+s (mud and snow). Arti dari simbol ini adalah menjelaskan bahwa ban tersebut yang bisa dipakai pada semua musim dengan traksi yang maksimal pada jalanan hujan, berlumpur, dan bersalju. Jika pemakaiannya di jalanan normal, pilih pula alur yang normal.
Tips Memilih dan Membeli Ban Mobil | Diposkan.Com | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya