Panduan Membeli Tiket Kereta Api Menggunakan E-kiosk

Share:

Mesin Pembelian Tiket Kereta

Diposkan.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) secara resmi telah meluncurkan mesin penjual tiket otomatis E-kiosk. Dengan diluncurkan mesin penjual tiket otomatis ini diharapkan mampu mempermudah pelanggan untuk dapat melakukan pembelian tiket kereta api tanpa perlau melakukan atri.

Dalan acara peluncuran di di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (13/3), Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro menyebutkan bahwa pihaknya melakukan bekerjasama dengan PT Finnet Indonesia, yang merupakan salah satu perusahaan aviliasi PT Telkom dan Bank Indonesia.

Untuk tahap awal ini, PT KAI hanya menyediakan dua mesin E-kiosk untuk melakukan uji coba. Namun untuk kedepannya, PT KAI akan kembali menambah mesin penjual tiket E-kiosk di stasiun lainnya. PT KAI menargetkan dapat memasang 100 mesin E-kiosk di seluruh stasiun hingga akhir 2015.

Pada tahap pertama, Direktur Keuangan PT Telkom Metra, yang membawahi PT Finnet Indonesia, Otong Iip selaku perintis proyek tersebut mengatakan pihaknya akan memasang 50 mesin di 12 stasiun, di antaranya Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Jatinegara, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Jember, Malang dan lainnya.

Baca Juga:   Pengusaha Tekstil Masih Gunakan Truk Angkut Barang Ekspor

Panduan Membeli Tiket Kereta Api Menggunakan E-kiosk

Dengan mesin E-kiosk, calon penumpang cukup memilih tanggal perjalanan, stasiun asal, stasiun tujuan dan jumlah penumpang. Selain ittu juga calon penumpang wajib memasukan nama, nomor identitas dan nomor telepon penumpang yang akan berangkat yang dapat diinput menggunakan layar sentuh atau keyboard fisik yang ada pada mesin “e-kiosk”.

Setelah selesai melakukan pendaftaran dan mengisi data tersebut, calon penumpang dapat langsung melakukan transaksi pembayaran melalui mesin ini dengan menggunakan uang tunai pecahan Rp2.000 sampai Rp100.000, pembayaran dengan kartu debit jaringan Alto dan pembayaran dengan kartu T-Money dari Telkom.

Setelah selesai melakukan pembayaran, calon penumpang dapat mecetak tiket pada fasilitas cetak tiket mandiri (CTM) yang tersedia di stasiun.

Panduan Membeli Tiket Kereta Api Menggunakan E-kiosk | Diposkan.Com | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya