Kemenhub Kembangkan Mekanisme Pelabuhan Hub-Pelabuhan Pengumpan

Share:

diposkan-budi

Diposkan.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengembangkan skema pelabuhan utama (hub) dan pengumpan (spoke) untuk meningkatkan daya saing dengan pelabuhan-pelabuhan negara lain.

“Kami bisa bersaing secara internasional, salah satunya itu melegitimasi pelabuhan-pelabuhan besar supaya menjadi hub dari Eropa dan Tiongkok,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi setelah peresmian Terminal Peti Kemas Kalibaru Tahap 1 seperti dilansir dari ANTARA, Selasa (13/9).

Budi mengatakan, nantinya pelabuhan-pelabuhan yang akan dijadikan pelabuhan hub beberapa pelabuhan-pelabuhan besar, seperti Tanjung Priok, Tanjung Perak, Kuala Tanjung, dan sebagainya. Nantinya kapal-kapal harus menuju pelabuhan hub terlebih dahulu sebelum ke pelabuhan tujuan.

Menurutnya rencana tersebut bisa berjalan dengan baik, apabila pelayanan di pelabuhan sudah prima, terutama waktu tunggu kontainer di pelabuhan (dwelling time). Sehingga ia meminta Pelindo untuk memperbaiki pelayanannya dalam dwelling time yang menjadi tolak ukur baik buruknya pelayanan pelabuhan.

Baca Juga:   Empat Bank BUMN dan Jasa Marga Luncurkan E-Toll

Untuk itu pihaknya akan bekerja keras untuk mempercepat dwelling time dari 3,7 hari menjadi 2,2 hari sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menarik 16 kementerian/lembaga yang terkait untuk berkantor di Pelabuhan Tanjung Priok selama satu bulan untuk uji coba.

Kemudian, akan ditunjuk salah satu koordinator untuk mengkoordinasikan seluruh kementerian/lembaga tersebut dalam proses percepatan dwelling time. Selain itu, Budi juga akan mengerahkan 22 pelabuhan untuk diserahkan pengoperasiannya kepada Pelindo dan swasta.

Pihaknya akan melakukan secara bertahap, akhir Desember ini masing-masing Pelindo akan mengambil dua sampai empat pelabuhan.  Proses ini akan dilakukan secara bertahap mulai dari skema awalnya berupa kerja sama antara Kemenhub dan Pelindo.

Kemenhub Kembangkan Mekanisme Pelabuhan Hub-Pelabuhan Pengumpan | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya