Nanocrafts, Pesawat dengan Kecepatan Cahaya Siap Ungkap Rahasia Alam Semesta

Share:

ferrari-130924b

Diposkan.com – Sebuah program eksplorasi baru menjelajah antariksa diungkapkan oleh Fisikawan terkenal Stephen Hawking. Program yang diberi nama Breakthrough Starshot itu mempunyai misi agar agar manusia bisa mengeksplorasi bintang dekat Alpha Centauri, sistem bintang terdekat Tata Surya yang jaraknya 4,37 tahun cahaya.

Dalam mencapai misi tersebut, sebuah pesawat antariksa dengan kecepatan cahaya dibangun .

Mengutip dari viva.co.id dilansir dari Space, Rabu 13 April 2016, Hawking menjelaskan dengan perkembangan teknologi saat ini dan ke depan, perjalanan menuju Alpha Centauri itu akan bisa ditempuh dalam waktu dua dekade saja.

“Dengan sorot cahaya, layar ringan dan pesawat antariksa teringan yang pernah dibuat, kita bisa meluncurkan misi ke Alpha Centauri dalam satu generasi. Hari ini kami komitmen untuk loncatan seterusnya ke alam semesta,” ujar Hawking dalam pengumuman misi eksplorasi tersebut.

Pesawat yang rencananya akan menjalankan misi tersebut bernama Nanocraft. Yaitu sebuah pesawat antariksa yang diperkirakan akan dapat melaju hingga 20 persen kecepatan cahaya. Artinya, pesawat antariksa dengan teknologi ini diperkirakan bisa melewati Pluto hanya dalam waktu 3 hari dan mencapai galaksi Alpha Centauri dalam waktu 20 tahun saja

Baca Juga:   CEO Facebook : Aku Bukan Kadal

Adanya misi tersebut mendapat dukungan dari sejumlah ilmuwan dan milner yang ingin berinvestasi. Salah satunya adalah pendiri dan bos Facebook, Mark Zuckerberg.

“Nanocraft akan mengambil gambar kemungkinan planet dan data ilmiah lain serta mengirim kembali ke Bumi dalam sorot cahaya. Jika misi ini berhasil, ini akan mengatakan banyak hal kepada kita sekitar Alpha Centauri,” kata Milner.

Rencananya, Pesawat nanocrafts akan terbang dengan bantuan panel surya sehingga akan lebih cepat dibanding pesawat luar angkasa saat ini.Dimisalkan , jika menggunakan teknologi konvensional pesawat luar angkasa, maka untuk mencapai Alpha Centauri butuh waktu 30 ribu tahun.

Nantinya , pada nanocrafts akan disematkan kamera, pendorong foton, pasokan listrik, navigasi, dan peralatan komunikasi. Program pengungkapan alam semesta ini akan dipimpin oleh Mantan Direktur Ames Research Center NASA, Pete Worden, dan akan didukung oleh

Nanocrafts, Pesawat dengan Kecepatan Cahaya Siap Ungkap Rahasia Alam Semesta | Ari Purwanti | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya