BPBD: Pemukiman Aman Dari Semburan Awan Panas Gunung Semeru

Share:
BPBD: Pemukiman Aman Dari Semburan Awan Panas Gunung Semeru

BPBD: Pemukiman Aman Dari Semburan Awan Panas Gunung Semeru

Diposkan.Com – Pihak BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengatakan bahwa pemukiamn warga aman dari guguran awan panas di Gunung Semeru yang mempunyai ketinggian mencapai 3.676 meter dari permukaan laut.

“Jarak luncuran awan panas Gunung Semeru masih cukup jauh dari pemukiman warga di Kabupaten Lumajang. Hal ini terjadi karena jarak antara rumah penduduk dengan puncang Gunung Semeru ini sekitar 8 kilo meter lebih, sehingga cukup aman,” ujar Hendro Wahyono, Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang pada hari Sabtu, 13 februari 2016.

Sementara itu, Gunung Semeru saat ini meluncurkan guguran awan panas sejauh 4 sampai 5 meter dari puncak kawah Jonggring Saloko pada tanggal 13 februari 2016, pukul 06.05 WIB yang mengarah pada sektor selatan tenggara, yaitu menuju ke arah Besuk Kobokan dan juga Besuk Kembar.

Baca Juga:   Obama: Donald Trump Tidak Bisa Menjadi Presiden

“Guguran awan panas itu dapat menyebabkan sejumlah desa di lereng gunung di Pulau Jawa ini dilanda hujan abu vulkanis, diantaranya Desa Oro oro Ombo, Pronojiwo, Supit Urang dan juga Sumberurip yang letaknya di Kecamatan Pronojiwo,” tuturnya.

Ada sejumlah sukarelawan dan juga petugas yang membagikan masker pada penduduk yang terdampak abu vulkanis Semeru, terutama di beberapa desa yang dekat dengan puncak Gunung Semeru.

“Kami menghimbau kepada warga yang ada di lereng Semeru untuk mewaspadai luncuran berupa awan panas susulan, namun sampai saat ini sudah tidak ada lagi tanda-tanda guguran awan panas,”tambahnya.

BPBD: Pemukiman Aman Dari Semburan Awan Panas Gunung Semeru | Riko Yudiansa | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya