Jalur Rel Surabaya Terendam Banjir, Beberapa Perjalanan KA Terpaksa Dibatalkan

Share:

88141fef-754a-4c5a-8285-895eb739f3f3_169

Diposkan.comHujan deras yang mengguyur kota Surabaya menyebabkan sejumlah daerah mengalami kebanjiran. Salah satu daerah yang mengalami banjir adalah daerah Porong. Akibatnya beberapa perjalanan Kereta Api di wilayah Daop 8 Surabaya yang melewati Jalur Porong – Tanggulangin terpaksa dibatalkan karena banjir menggenangi jalur rel.

“Beberapa perjalanan KA yang dibatalkan antara lain KA Penataran rute Surabaya-Sidoarjo, sehingga perjalanan hanya dari Bangil-Blitar. Kemudian, perjalanan KA Probowangi untuk rute Surabaya-Sidoarjo dibatalkan, sehingga hanya berjalan dari Bangil-Banyuwangi,” Kata Suprapto, Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, pada Sabtu, (13/2/2016).

Adanya pembatalan KA menurut Suprapto kepada wartawan dikarenakan kondisi jalur rel di KM 32+5 sampai dengan 33+2 yaitu Tanggulangin – porong banjir dengan ketinggian air 56 cm dari kop rel.

Untuk mengantisipasi kejadian tersebut, akhirnya sebagian pemberangkatan dialihkan menggunakan bus dahulu, dan PT KAI Daop 8 Surabaya sudah menyiapkan 10 buah bus untuk mendukung kelancaran arus penumpang. Kereta api yang diganti antara lain Mutiara Timur relasi Surabaya-Banyuwangi, dengan skema dari Surabaya-Bangil atau sebaliknya menggunakan bus, lalu dari Bangil-Banyuwangi menggunakan kereta api.

Baca Juga:   Anak Hamzah Haz Resmi Ditahan Polda Metro Jaya

“Namun ada perjalanan kereta api seperti KA Logawa Jember-Purwokerto dan KA Sritanjung relasi Banyuwangi – Leumpuyangan dari Jember tidak menuju ke Surabaya, tapi langsung berbelok melalui jalur Malang-Kertosono-Jawa Tengah, begitu juga sebaliknya,” katanya.

Di lokasi jalur yang tergenang banjir, PT KAI Daop 8 telah menyiapkan 6 gerbong gerbong khusus guna memperkuat jalur rel yang terendam sepanjang 700 meter antara Tangulangin-Porong. Serta menyiapkan 100 personil dan dua mesin pemelihara rel, dengan menunggu ketinggian air agar menurun dulu, agar maksimal dalam perbaikan jalur rel tambah Suprapto.

Jalur Rel Surabaya Terendam Banjir, Beberapa Perjalanan KA Terpaksa Dibatalkan | Ari Purwanti | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya