Sektor Pertanian Diprediksi Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi 2017

Share:

diposkan-pertanian

Diposkan.com – Sektor pertanian akan menjadi salah satu sektor yang ditargetkan akan menopang pertumbuhan ekonomi pada tahun depan selain manufaktur dan perdagangan. Optimisme akan bangkitnya sektor pertanian itu didasarkan pada asumsi mulai naiknya harga beberapa komoditas perkebunan seperti harga minyak sawit mentah atau crude palm oil/CPO dan karet serta meningkatnya produktivitas tanaman padi.

“Harga komoditas perkebunan mulai naik harganya, walaupun bukan kenaikan yang signifikan, namun kalau dilihat sejak awal Januari hingga saat ini harga kelapa sawit sudah naik sekitar 20 persen,” kata Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Mirza Adityaswara di Jakarta, Senin (12/9) yang dilansir dari Koran Jakarta.

Begitupun dengan harga karet yang juga mengalami kenaikan hampir mencapai 20 persen dan diharapkan harganya tetap stabil ke depan. Mirza mengatakan, sektor manufaktur sangat dipengaruhi oleh stabilitas nilai tukar rupiah karena kebergantungannya terhadap bahan baku impor cukup tinggi.

Jika ada fluktuasi kurs, bisa menyebabkan produk manufaktur kurang kompetitif karena biaya produksi yang meningkat. Mirza mengatakan, manufaktur sudah tumbuh di atas 4 persen dari PDB di kuartal I dan II, banyak dibantu oleh kurs yang sudah stabil. Sehingga ia mengharapkan jika stabilitas kurs akan terus terjaga di semester kedua 2016 dan di 2017.

Baca Juga:   3M Ikut Indonesia Infrastructure Week

Begitu juga dengan sektor perdagangan yang banyak terpengaruh pada stabilitas kurs, mengingat adanya komponen impor dalam perdagangan. Namun dengan seiring membaiknya neraca perdagangan di kuartal dua 2016, hal ini berarti stabilitas kurs masih dapat terus dijaga.

Seperti diketahui, pemerintah, BI dan DPR menyepakati asumsi pertumbuhan ekonomi dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2017 sebesar 5,1 persen. Berdasarkan sektor ekonomi, pertumbuhan bersumber dari pertanian, manufaktur, dan perdagangan.

Sementara itu Menko Perekonomian, Darmin Nasution pekan lalu mengatakan asumsi pertumbuhan ekonomi dalam RAPBN 2017 sebesar 5,1 persen masih bergantung pada realisasi program pengampunan pajak. Jika tax amnesty berjalan sukses maka pertumbuhan ekonomi 2017 mampu melebihi target.

Sektor Pertanian Diprediksi Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi 2017 | Fisika Fikri | 4.5 | Tag: harga karet 2017, sektor pertanian

Kirim Komentar

Berita Lainnya