Menteri Perdagangan Gandeng Importir Tingkatkan Produksi Tanaman Lokal

Share:

diposkan-tanamanlokal

Diposkan.com – Menteri Perdagangan Enggartiaso Lukita meminta importir hortikultura untuk menyerap produksi sayuran dan buah lokal. Langkah itu dilakukan untuk meningkatkan usaha petani melakukan bercocok tanam. Enggarrtiasto mengatakan pihaknya akan terus berupaya membuat regulasi penyerapan produksi lokal.

Enggartiasto pun mengumpulkan importir hortikultura untuk memberikan dorongan agar menyerap produksi dalam negeri. Sehingga Enggartiasto akan menyerahkan pihak importir untuk menyusun sendiri peta jalan bisnisnya.

“Prinsipnya, mereka tertarik dulu. Pemerintah mau mengetuk hati mereka untuk terlibat bersama,” kata Enggartiasto, Rabu (11/1) yang dilansir oleh Kompas.com.

Enggartiasto mengaku tidak memberikan batasan waktu sampai kapan importir akan melaksanakan imbauan pemerintah. Pihak importir diharapkan meminta para importir untuk mengikuti sosialisasi dengan memberikan laporan penyerapan komoditas lokal.

Jika imbauan ini tidak terlalu efektif, dia pun menyiapkan rencana untuk membuat regulasi wajib serap komoditas lokal bersama Kementerian Pertanian. Enggartiasto menambahkan regulasi ini merupakan kewajiban dengan wajib menyerap susu segar yang akan menjadi cara untuk menjamin pemasaran dari peternak/petani.

Baca Juga:   BPS Rilis Pencapaian Neraca Perdagangan Semester I 2016

Strategi Enggartiasto untuk melibatkan importir dalam merangsang produksi petani ini juga didorong alasan jaringan pemasaran. Importir yang memiliki jaringan distribusi yang luas sehingga hasil produksi petani/peternak lokal dapat terserap pasar domestik.

Enggartiasto menambahkan, beberapa importir yang juga melakukan aktivitas ekspor akan diberikan instruksi khusus dengan menyampaikan negara-negara potensial tujuan ekspor yang bisa menyerap produk pertanian kita.

Disebutkan Enggartiasto, beberapa negara tujuan ekspor potensial antara lain Afrika, India, Pakistan, China, dan negara-negara kawasan Eurasia.

Menteri Perdagangan Gandeng Importir Tingkatkan Produksi Tanaman Lokal | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya