NPCT 1 Siap Jadi Pesaing Negara Tetangga

Share:

Diposkan.com – New Priok Container Terminal (NPCT) 1 milik PT Pelindo II, akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) besok Selasa (13/9). Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi beserta jajaran telah meninjau ke lokasi pelabuhan tersebut.

“Ya Insya Allah besok Presiden 8.30 WIB akan ke sini meresmikan pelabuhan di Kali Baru ini. Satu operasinya kan sudah jalan dan ini bagian dari menandai suatu spirit kita ingin menjadikan Priok riil hub. Karena kita masih harus berkompetisi dengan negara tetangga,” ujar Budi di Pelabuhan Peti Kemas NPCT 1, Kalibaru, Jakarta Utara, Senin (12/9) yang dilansir dari detik.com.

Peresmian pelabuhan baru ini diharapkan dapat menjadi pelabuhan kelas Internasional, tempat persinggahan kapal-kapal besar. Termasuk semua kegiatan transhipment atau bongkar muat kapal besar ke seluruh daerah di Indonesia harus melewati NPCT 1. Budi mengatakan jika Pembangunan NPCT 1 merupakan salah satu tahapan realisasi konsep tol laut.

Menurutnya masih banyak tugas yang perlu diwujudkan untuk menuju realisasi tol laut, meski tidak ringan tapi dengan suatu kesungguhan mandat dan visi presiden untuk menjadikan konektivitas menjadi tujuan dari konektivitas nasional. Bagaimana kapal-kapal, barang-barang yang mau menuju luar Jakarta bisa ke Sumatera, Kalimantan, daerah lain, itu bukan dari pelabuhan lain tapi dari Priok.

Baca Juga:   Kemenhub Kembangkan Mekanisme Pelabuhan Hub-Pelabuhan Pengumpan

Budi mengatakan nantinya NPCT 1 dapat menjadi riil hub. Dirinya mencontohkan saat ini jika ada barang mau ke Palembang mau ke Lampung tidak melewati Tanjung Priok melainkan lewat negara lain. Sehingga nantinya semua harus dilakukan di NPCT 1 baik domestik dan internasional domestik.

Di tempat yang sama, Direktur Utama Pelindo II, Elvyn G Masassya, berharap NPCT 1 menjadi terobosan terminal peti kemas modern baru di Indonesia. NPCT 1 menurut Elvyn, mampu menerima kapal-kapal besar di atas 10 ribu dan di atas 10 TEUs.

“Ini adalah satu pelabuhan yang disiapkan modern dengan peralatan yang canggih yang memenuhi standar internasional yang di era yang sekarang. Kita harap NPCT 1 ini menjadi era baru pengelolaan pelabuhan modern Indonesia karena akan mampu menerima kapal-kapal yang besar di atas 10.000 DWT dan di atas 10.000 TEUs dengan kedalaman mencapai 16 meter. Jadi saya ingin mengatakan mudah-mudahan ini menjadi awal di era baru pengelolaan pelabuhan modern berkelas dunia internasional di indonesia,” jelas Elvyn.

Untuk pengoperasian NPCT1, Pelindo II menggandeng operator kapal dan pelabuhan dunia seperti Mitsui & Co Ltd. (Mitsui), Nippon Yusen Kabushiki Kaisha (NYK Line) dan PSA International Pte Ltd (PSA).

NPCT 1 Siap Jadi Pesaing Negara Tetangga | Fisika Fikri | 4.5 | Tag: npct 1, peresmian npct oleh presiden

Kirim Komentar

Berita Lainnya