Isu Fatwa Haram Batu Akik Resahkan Warga Gunung Kidul

Share:
Batu Akik Gambar Naga seharga Rp 1,8 Miliar / JPNN

Batu Akik Gambar Naga seharga Rp 1,8 Miliar / JPNN

Diposkan.com – Beberapa hari ini warga pengrajin dan pecinta batu akik di Gunung Kidul dibuat resah dengan adanya isu yang mengatakan bahwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa haram untuk batu akik bagi umat muslim.

Dengan tidak ingin isu itu meluas dan membuat masyarakat semakin resah, Ketua MUI Gunung Kidul mengatakan dan menegaskan bahwa pihak MUI tidak mengeluarkan fatwa haram batu akik. Pihak MUI mengatakan selama batu akik itu digunakan untuk koleksi dan tidak untuk digunakan dan diyakini memiliki kekuatan gaib, maka tidak ada larangan menggunakan batu akik.

Baca Juga:   Wisata Embung Batara Sriten di Gunungkidul, Yogyakarta

Menurut Ketua MUI Gunung Kidul, Sukamto, isu itu mungkin sengaja disebarkan untuk membuat popularitas batu akik menjadi semakin dikenal dan berpengaruh ke nilai jual. Bahkan menurut Sukamto, tidak menutup kemungkinan, isu fatwa haram batu akik tersebut sengaja dihembuskan dari kalangan penggiat batu akik sendiri.

“Isu itu sengaja diembuskan untuk meningkatkan pamor jual beli batu mulia saja. Trik pasar biasanya begitu, untuk menaikkan harga,” ujarnya, seperti dilansir Tempo.co, Selasa (10/3/2015).

 

Isu Fatwa Haram Batu Akik Resahkan Warga Gunung Kidul | Diposkan.Com | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya