Harga Cabai Rawit di Yogyakarta Ikuti Kondisi Nasional

Share:

diposkan-cabe-rawit-naik

Diposkan.com – Harga cabai rawit merah di DIY sejak Senin (9/1) menurun meski masih di angka Rp 90 ribu per kilogram (kg). Sebelumnya di Minggu (8/1) harga cabai rawit merah masih sekitar Rp 97 ribu per kg, Senin  (9/1) turun menjadi Rp 91.667, dan Selasa (10/1) Rp 90.667.

Berdasarkan hasil survei di tiga pasar di Kota Yogyakarta (Beringharjo, Kranggan dan Demangan). Menurut Kepala Dinas Pertanian DIY  Sasongko, penyebab tingginya harga cabai di Yogyakarta karena di daerah lain tinggi. Cabai rawit merah di DIY banyak yang dijual ke luar Yogyakarta.

“Padahal di tingkat petani harga cabai rawit merah di DIY sekitar Rp 40 ribu sampai Rp 60 ribu,’’ujarnya pada wartawan di DPRD DIY, Selasa (10/1) yang dilansir melalui republik.co.id.

Sehingga Sasongko menambahkan, naiknya harga cabai rawit di DIY dipengaruhi kenaikan secara nasional.  Di DIY harga cabai rawit merah sekitar Rp 90 ribu, sedangkan di daerah lain harganya ada yang diatas Rp 150 ribu sampai Rp 200 ribu per kilogram. Menurutnya harga cabai rawit merah bisa turun sepanjang seluruh daerah juga turun.

Baca Juga:   Penutupan Lokalisasi Tak Selesaikan Masalah

Lebih lanjut Sasongko mengatakan musim penghujan, kadang deras dan lembab mengakibatkan sebagian cabai terkena hama. Tanaman cabai rawit di DIY (merah dan hijau) tersebar di empat kabupaten di DIY seperti di Dlingo Bantul, Sleman sekarang masih ada yang ditanam diperkirakan ada sekitar 1.000 hektare.

Harga Cabai Rawit di Yogyakarta Ikuti Kondisi Nasional | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya