Jokowi Minta Proses Dwelling Time Cukup 3 Hari

Share:

dwelling-tine

Diposkan.com – Kasus lamanya proses bongkar muat peti kemas atau dwell time di Pelabuhan Tanjung Priok pada 2015 silam membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar dwell time di pelabuhan bisa dipersingkat. Jika sebelumnya dwelling time mencapai 6-7 hari, sekarang sudah mencapai 4,7 hari dan bulan depan diharuskan turun sampai dengan 3 hari.

“Saya datang, cek, berapa hari? Ya 6-7 hari. Singapur hanya 1 hari, Malaysia berapa? Dua hari. Kita 6-7 hari, mau bersaing dari mana? Mau bersaing dari mana kalau kita terus-teruskan seperti itu,” kata Jokowi, saat peresmian di kawasan industri Cipta Krida Bahari, Cakung, Jakarta, Kamis (10/3) seperti yang dilansir dari detik.com.

Jokowi juga mengungkapkan kekesalannya, karena pihak yang berwenang memberikan penjelasan dengan berbelit-belit. Padahal, dirinya merupakan pengusaha yang berkecimpung dalam aktivitas ekspor impor selama kurang lebih 23 tahun di pelabuhan. Sehingga di awal pemerintahannya, dirinya meminta proses dwelling time cukup memakan waktu 5 hari. 

Namun hingga 6 bulan pemerintahannya belum terjadi perubahan hingga terjadi reshuffle pada kabinetnya salah satunya Indroyono Soesilo dicopot dari jabatan Menko Maritim. Jelang beberapa bulan, tepatnya pada Januari 2016, baru ada perubahan dengan dwelling time selama 4,7 hari. Sudah lebih baik, akan tetapi Jokowi belum puas, karena seharusnya Indonesia bisa di bawah 3 hari.

Baca Juga:   Cegah Kembali Peristiwa Tol Brexit, Menteri Jonan Tegaskan Arus Balik Bayar Tol Pakai E-Toll

Untuk mencapai target tersebut Jokowi meminta para ahli Indonesia dapat mencontoh sistem yang diterapkan pada negara lain. Jokowi optimistis target tersebut bisa tercapai. Namun bila tidak maka, bukan tidak mungkin posisi menteri berikutnya juga akan bernasib sama.

“Insya Allah sudah bisa masuk ke angka 3 sehingga efisiensi makin keliatan dan akan saya pantau terus. Jangan sampai ada korban lagi masalah dwelling time. Nggak boleh ada korban lagi. saya nggak main-main masalah ini,” kata Jokowi.

Jokowi Minta Proses Dwelling Time Cukup 3 Hari | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya