Menyambut Gerhana Matahari, Warga Kota Padang Mengadakan Sholat Gerhana Berjamaah

Share:

solat-jemaah

Diposkan.com – Fenomena gerhana matahari yang terjadi pada kemarin Rabu (9/3/16) menarik hampir sebagian orang yang ada di bumi ini. Bahkan wisatawan luar negeri yang rela jauh – jauh pergi dari Negara asalnya untuk ke Indonesia untuk memburu fenomena yang jarang sekali ditemukan di dalam suatu kehidupan manusia.

Orang – orang sangat sibuk mencari tempat yang bagus untuk dijadikan melihat fenomena tersebut. Tidak ketinggalan juga orang – orang asli Indonesiapun berbondong – bondong gerhana matahari Total tersebut.

Berbeda dengan warga lainnya, sebagain warga yang ada di Padang, Sumatera Barat menggelar Shalat gerhana di sebagian tempat di Padang.  Antara lain ada di Masjid Raya Sumbar. Memang pada sebelumnya sudah dilakukan himbauan dari walikota Padang untuk melakukan shalat gerhana pada kemarin, dan tidak terkecuali dengan para Pegawai Negeri Sipil juga diwajibkan untuk melakukan Shalat Gerhana. Hasilnya ribuan orang memadati Masid Raya Sumbar untuk melakukan Shalat Gerhana.

Baca Juga:   Kasus La Nyalla Mattaliti Akan Dilakukan Supervisi Oleh KPK

Untuk diketahui bersama, kota Padang juga dilewati dengan gerhana matahari tetapi hanya terdapat dua tempat saja. Yaitu Desa Seai dan Seai Sikakap Kepulauan Mentawai.

“Ada dua daerah yang dilewati jalur gerhana matahari total, yaitu Desa Seai, Sikakap Kepulauan Mentawai dengan magnitudo gerhana sebesar 1,012 dan Silaut, Pesisir Selatan, dengan magnitudo sebesar 1,002,”  Ujar Kepala Stasiun Geofisika kelas I BMKG Padang Panjang, Rahmat Triyono.

Meskipun durasi fenomena Gerhana Matahari yang terjadi di kota Padang relative singkat, tetapi tidak mengurangi antusias masyarakat untuk melihat Gerhana Matahari.

 

Menyambut Gerhana Matahari, Warga Kota Padang Mengadakan Sholat Gerhana Berjamaah | Hendry Setio Prakoso | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya