Jasa Marga Lakukan Divestasi Saham

Share:

diposkan-jasamarga

Diposkan.com – PT Jasa Marga (Persero) berencana untuk fokus melakukan aksi divestasi saham dalam waktu dekat guna menarik dana segar dari investor. Aksi korporasi ini dinilai lebih cepat direalisasikan dibandingkan dengan langkah sekuritisasi yang membutuhkan proses lama.

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani mengaku telah mengatakan arahan mengenai sekuritisasi dari pemerintah, dan menyambut baik kebijakan tersebut. Hal ini dilakuan agar upaya untuk meningkatkan kapasitas fiskal perseroan dalam membangun jalan tol baru ke depannya.

“Sekuritisasi adalah menjual kepastian pendapatan kepada pihak lain,dan itu memberikan dana di depan supaya kita bisa membangun yang lain. Saya masih mempelajari, tetapi itu masih next lah, kita konsentrasi dulu [divestasi saham], yang minoritas kita lepas, yang mayoritas kita kurangi,” ujarnya, Rabu (10/11) seperti yang dilansir dari bisnis.com.

Upaya melakukan sekuritisasi memerlukan langkah yang panjang. Pasalnya, sebagian ruas tol Jasa Marga yang telah beroperasi, belum dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) seperti saat ini. Konsesi ruas tol terutama yang berada di Jabodetabek seperti Jagorawi, dan Jakarta—Cikampek didapatkan ketika Jasa Marga masih bertindak selaku investor sekaligus regulator.

Baca Juga:   Kadin Minta Pemerintah Fokus Kembangkan Energi Baru

Jasa Marga yang menargetkan akan membangun setidaknya 713 kilometer ruas tol ini dalam waktu lima tahun. Jumlah ini lebih banyak dari total ruas tol yang dioperasikan Jasa Marga selama 30 tahun terakhir sehingga diperlukan total investasi mencapai sekitar Rp100 triliun, di mana sekitar Rp21 triliun berasal dari ekuitas Jasa Marga.

Sementara itu, Desi memperkirakan total ekuitas Jasa Marga saat ini berkisar Rp 14 triliun, sehingga perseroan masih membutuhkan modal tambahan dari investor. Untuk mengumpulkan modal tersebut, JSMR akan melakukan divestasi saham dalam waktu dekat, karena langkah ini dinilai paling memungkinkan untuk segera direalisasi.

Jasa Marga Lakukan Divestasi Saham | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya