4.551 Pemeriksa Pajak Siap Kejar Wajib Pajak

Share:
sumber:liputan6.com

sumber:liputan6.com

Diposkan.com – Wajib pajak (WP) sepertinya akan sulit untuk menghindari pembayaran pajak pada 2016 ini. Hal ini dikarenakan pemerintah malalui Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah menyiapkan 4.551 fungsional pemeriksa dan penyidik pajak untuk melaksanakan tahun penegakan hukum 2016.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro dalam memberikan berbagai arahan kepada para pemeriksa menerangkan untuk dapat mengoptimalkan penerimaan negara yang dibebankan kepada DJP sebesar Rp 1.360,2 triliun, serta menindak pelaku pidana di bidang perpajakan. WP orang pribadi akan menjadi fokus utama mengingat minimnya kontribusi dari penerimaan pajak penghasilan (PPh) WPOP pasal 25 dan 29 sekitar Rp 9 triliun dari total penerimaan pajak 2015 yang mencapai Rp 1.011 triliun.

“Karena kenyataan di Indonesia kepatuhan WP lebih banyak tidak ada, maka fungsi pemeriksaan penting. Pemeriksaan fokus pada WP badan sudah biasa, sekarang kami minta masuk ke WPOP,” kata Bambang di kantor DJP, Jakarta, Selasa (8/3) seperti yang dilansir oleh beritasatu.com.

Selain itu, Menkeu meminta DJP agar dapat meningkatkan efektivitas penegakan hukum serta melakukan revitalisasi pemeriksaan dan penyidikan pajak sehingga memberikan kontribusi optimal. Upaya ini perlu dilakukan agar bisa meningkatkan kepatuhan WP yang menghasilkan pertumbuhan penerimaan pajak berkelanjutan.

Baca Juga:   Geothermal Seulawah Aceh Siap Dibangun

DJP telah melakukan kerja sama dengan berbagai instansi untuk kebutuhan data perpajakan, dan keberlangsungan pemeriksaan. Misalnya, dengan perbankan, hingga Badan Intelejen Negara (BIN), Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Kepolisian Republik Indonesia.

4.551 Pemeriksa Pajak Siap Kejar Wajib Pajak | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya