Modus Penipuan Mengatasnamakan Mensesneg Dibongkar Ditreskrimum Polda Metro Jaya

Share:

unduhan (11)

Diposkan.com – Modus penipuan pada masa sekarang sangatlah beragam dan penipu mempunyai banyak cara untuk mengelabuhi calon korbannya. Salah satu yang sudah diungkap oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya  dengan menangkap 3 orang tersangka pada Minggu 28 Februari 2016 yang biasa menipu korbannya dengan cara berpura – pura sebagai pejabat Negara.

Tersangka yang ditangkap adalah  Ic (45), Sur (50),  Der (34) mereka ditangkap di tempat dan waktu yang berbeda. Mereka bertiga mempunyai peran masing – asing dalam melancarkan penipuan ini, mereka mengaku sebagai  Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Pertama kali mereka mencari korban yang akan dijadikan target mereka dengan mengiming – imingi untuk mengisi menjadi komisaris di suatu BUMN. Setalah itu mereka meminta sejumlah imbalan kepada korban. Namun modus mereka cukup rapi dengan membuat Rekening dengan atas nama yang hampir persis dengan pejabat Negara. Sehingga korban terbujuk dengan hal tersebut.

Baca Juga:   Marissa Haque Diduga Terlibat Penggelapan Uang

“Mereka mencari biodata pejabat era Kabinet Bersatu Jilid 2 dan menghubungi calon korban untuk ditawarkan menjadi komisaris BUMN,” Ujar Direktur Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Komisaris Besar Krishna Murti .

Selain itu Krishna Murti mengatakan calon korban yang akan dijadikan target oleh tarsangka ada pejabat yang akan mengalami pension.

“Untuk menipu calon korban, potensial calon, korban yang ingin ditipu adalah pejabat yang sudah mengalami masa pensiun dan mau pensiun,” Tambah Krishna.

Kepala Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden Kementerian Sekretaris Negara Bey Machmudin langsung bereaksi dengan menyampaikan pesan kepada masyarakat harap berhati – hati dalam setiap pesan yang diterima agar tidak akan terulang kejadian serupa.

“Masyarakat harap berhati-hati dan selalu melakukan pengecekan ulang bila mengetahui ada tawaran jabatan, apalagi yang menuntut pemberian imbalan,” Tambah Kepala Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden Kementerian Sekretaris Negara Bey Machmudin.

Modus Penipuan Mengatasnamakan Mensesneg Dibongkar Ditreskrimum Polda Metro Jaya | Hendry Setio Prakoso | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya