Indonesia Siap Lakukan Kerjasama dengan Uni Eropa

Share:

058031100_1441954174-mendag-thomas-3

Diposkan.com – Menteri Perdagangan, Thomas Lembong, mengatakan pemerintah akan segera bergabung dalam kesepakatan dagang Uni Eropa atau Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) untuk mencegah hengkangnya perusahaan asing dari Indonesia. Hal ini disampaikan Thomas setelah menghadiri rapat terkait Free Trade Agreement di kantor Wakil Presiden, Jakarta.

“Sementara ini sudah jelas resmi itu trade agreement dengan Uni Eropa yang harus tuntas dalam dua tahun. Artinya akhir tahun depan, akhir 2017. Jadi itu yang menjadi fokus utama sementara ini,” kata Thomas di kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (9/2) seperti yang dilansir oleh republika.co.id.

Jika Indonesia ikut bergabung dalam kesepakatan perdagangan bebas Uni Eropa maka Indonesia dapat meningkatkan daya saing dengan negara lain, seperti Vietnam. Hal ini dikarenakan Vietnam telah bergabung dalam kesepakatan perdagangan bebas dengan Uni Eropa sehingga memiliki akses yang lebih besar ke pasar ekspor di Eropa dan Amerika.

Menurut Thomas, tutupnya perushaan seperti Ford, Panasonic, dan Thosiba harus segera diatasi. Jika tidak maka banyak lagi perusahaan asing yang tutup dan kemudian membangun pabriknya di Vietnam. Vietnam menjadi pilihan karenasudah memiliki akses ekspor ke Eropa dan Amerika. Namun sejumlah kendala yang menghambat kerjasama perdagangan ini harus segera diatasi baik kendala mental maupun teknis.

Baca Juga:   Pengamat INDEF Ingin Indonesia Ikuti Trump

Thomas menekankan, penting adanya perubahan mental baik dalam birokrasi, politik, dan sebagainya agar Indonesia tak hanya fokus pada masalah-masalah kecil. Hal ini perlu dilakukan jika Indonesia tak mau ketinggalan dengan negara lain.

Sedangkan pada masalah teknis yang dihadapi dalam kesepakatan kerjasama perdagangan ini salah satunya adalah pada dokumen perdagangan bebas Asia Pasifik atau Trans-Pasific Partnership (TPP) yang perlu waktu untuk dikaji karena mencapai lebih dari seribu halaman.

Thomas juga mengatakan, saat ini pemerintah juga akan mempertimbangkan sejumlah kesekapatan dagang yang lebih kecil lainnya, namun memiliki potensi yang besar bagi Indonesia. Salah satunya kesedpakatan dagang yang dilakukan dengan Australia yang dinilainya memiliki daya beli yang tinggi dan modal investasi yang besar, serta kerjasama perdagangan EFTA.

Indonesia Siap Lakukan Kerjasama dengan Uni Eropa | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya