Incar Asia Pasifik, Indonesia Jadi Salah Satu Sasaran Penjahat Cyber Rusia

Share:

penjahat-cyber-incar-asia-pasifik-diposkan

Diposkan.com – Kejahatan cyber memang menjadi permasalahan yang rawan di sejumlah negara. Dan ternyata menurut kabar yang beredar, penjahat cyber dari Rusia menjadikan Asia Pasifik sasaran mereka, salah satunya Indonesia.

Mengutip dari metrotvnews.com Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Ruslan Stoyanov, Head of Investigation Unit untuk Kaspersky Lab, dalam acara Kaspersky Lab Asia Pacific Cyber Security Weekend hari ini, Jumat (7/10/2016).

Alasan yang menyebabkan kawasan Asia Pasifik menjadi incaran para penjahat cyber tersebut adalah karena akhir-akhir ini Asis Pasifik ekonominya tumbuh pesat. Sehingga bermunculanlah korporasi serta bank dengan dana yang besar.

Namun, sebagian besar bank dan korporasi tersebut tampaknya belum mempunyai persiapan yang baik dalam menghadapi masalah tersebut. Hal itulah yang menjadi lubang kecil bagi para penjahat cyber yang ingin mengambil keuntungan.

Para penjahat cyber tersebut tak melakukan aksinya secara sendiri. Mereka akan memanfaatkan penjahat cyber lokal dengan penawaran program peretas yang canggih. Setelah terjalin kerjasama dan tumbuh kepercayaan, maka penjahat cyber asal Rusia tersebut akan mengajak penjahat cyber lokal untuk kerjasama yang lebih lanjut yakni dengan operasi gabungan.

Baca Juga:   Kini WhatsApp Bisa Dinikmati di PC Windows Lho

“Penjahat siber lokal adalah yang paling perlu dikhawatirkan. Karena mendapatkan upgrade dari penjahat siber Rusia, mereka akan menjadi ancaman lebih serius dari sebelumnya,” ujar Stoyanov dikutip dari Metrotvnews.com. “Secara teknologi dan kemampuan, penjahat siber Rusia berada di level yang lebih baik dari Indonesia. Jika keduanya berhubungan, tak bisa disangkal kemampuan penjahat siber Indonesia akan meningkat.”

Dalam keterangannya yang lebih lanjut , Stoyanov mengungkapkan bahwa setidaknya para penjahat cyber tersebut tidak melakukan serangan kepada individu. Mereka cenderung menyerang sebuah perusahaan besar sekali dalam satu tahun .

Walaupun demikian, permasalahan tersebut tak dapat diabaikan. Pemerintah harus lebih ekstra dalam melindungi wilayah cyber Indonesia. Dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak sangatlah diperlukan untuk memerangi masalah ini.

Incar Asia Pasifik, Indonesia Jadi Salah Satu Sasaran Penjahat Cyber Rusia | Ari Purwanti | 4.5 | Tag: bokep lokal asia 2016, negara yg menyerang cyber indonesia

Kirim Komentar

Berita Lainnya