Lembaga Survey Akan Diatur Oleh KPU

Share:

lembaga-survey-akan-diatur-oleh-kpu

Diposkan.com – Lembaga survey dalam demokrasi di Indonesia memang sangatlah penting. Selain sebagai alat ukur dari elektabilitas calon pasangan yang akan maju pada pertarungan Pilkada. Ternyata lembaga survey juga bisa dijadikan sebagai nilai pembanding dan koreksi kepuasan masyarakat terhadap suatu calon.

Namun akhir – akhir ini memang banyak lembaga survey yang sengaja melakukan hal yang tidak bertanggung kawab. Maka dari itu saat ini KPU akan mengatur mengenai regulasi dari lembaga survey

“Yang jelas lembaga survei atau lembaga hitung cepat harus mendaftarkan diri ke KPU masing-masing daerah dengan memenuhi syarat, antara lain akta pendirian lembaga atau badan hukum, susunan kepengurusan lembaga, surat keterangan domisili dan pas foto pimpinan lembaga,” Ungkap Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah yang dikutip beritasatu.com.

Baca Juga:   Basuki Tjahaja Purnama Pilih Pasrah Untuk Selesaikan Kasus Ini

Selain itu dalam tata cara pengambilan data ataupun sampel yang dilakukan, pihak KPU juga melarang kerasa dalam memanipulasi data tersebut. Dan semua mengenai kompenen survey harus dimasukkan ke dalam laporan yang tertulis.

“Karena itu, lembaga survei harus benar-benar melakukan wawancara, tidak mengubah data di lapangan dan pemrosesan data, menggunakan metode ilmiah dan melaporkan ke publik terkait metodologi pencuplikan data atau sampling, sumber dana, jumlah responden, tanggal, dan tempat pelaksanaan survei,” Imbuhnya.

Lembaga Survey Akan Diatur Oleh KPU | Hendry Setio Prakoso | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya