Pemerintah Akan Naikkan Harga Solar

Share:

diposkan-solar

Diposkan.com – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberi sinyal akan menaikkan harga jual Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar di tahun depan. Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja Puja mengatakan, kenaikan solar naik lantaran dengan subsidi yang ditetapkan di 2017 sebesar Rp 500 per liter dan harga acuan solar Mean of Platts Singapore (MOPs) mengalami kenaikan.

“Kita lihat. Secara logika sederhana harus kita kalkulasi. Kalau sudah ICP USD45 per barel tentu harga minyak, referensi MOPs yang kita pakai tentu naik juga,” kata Wirat, di Kantor Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (8/9) seperti yang dilansir dari metrotvnews.com.

Wirat mengungkapkan, kenaikan harga solar diprediksi baru akan dilaksanakan pada tahun depan karena masih dalam perhitungan. Pemerintah tidak mau menyebut secara gamblang berapa besar kenaikan tersebut. Terkait dengan permintaan PT Pertamina (Persero) yang menyatakan bahwa Pertamina mengalami kerugian atas penjualan premium dan solar akibat harga kedua BBM tersebut tetap selama enam bulan maka dalam hal ini akan dilakukan pembahasan.

Baca Juga:   Jack Ma Disambut Baik Jadi Penasihat E-Commerce Indonesia

Kendati demikian, Wirat belum bisa memperkirakan apakah BBM pada Oktober 2016 mengalami kenaikan atau tidak. Ia hanya mengatakan harga BBM di Oktober tersebut baru bisa kelihatan setelah 25 September.

“Harga solar dunia sempat naik signifikan di Mei-Juni. Saat ini rata-rata harga solar masih di atas periode sebelumnya. Kita lihat sampai dengan tanggal 25 September,” pungkas Wirat.

Pemerintah Akan Naikkan Harga Solar | Fisika Fikri | 4.5 | Tag: Harga solar, harga terbaru solar

Kirim Komentar

Berita Lainnya