Mengenal Lebih Dekat Demam Berdarah Dengue

Share:

38Cara-Alami-Mengobati-Demam-Berdarah-Pada-Anak

Diposkan.com – Demam Berdarah Dengue atau yang lebih sering dikenal masyarakat DBD, DBD sendiri pada seminggu terakhir menjadi pemberitaan yang sering dilansir oleh media baik online ataupun cetak. Dan tidak sedikit warga yang menjadi Korban oleh penyakit yang dibawa oleh Aedes Aegypti.

Bahkan pada minggu lalu korban meninggal dunia akibat DBD ini adalah seorang anggota DPRD di Sulawesi Utara. Mungkin kita sendiri harus mengetahui apa saja mengenai Demam Berdarah Dengue ini, agar kita bisa mengantispisai dan mengenal apa saja ciri-cirinya. Agar kiya tidak menjadi korban berikutnya.

Penyakit demam berdarah bermula  gigitan nyamuk Aedes Aegypti, khususnya Aegypti betina, Gejala pertama yang dia rasakan korban DBD adalah demam dan rasa ngilu di semua persendiannya. Dan menurut beberapa korban DBD gejala adalah ketika berdiri badannya terasa seperti naik kapal yang sedang diterjang ombak. Perut terasa mual mau BAB, dan muntah.

Baca Juga:   PNS Asal Cibinong Tewas Di Dalam Mobil

Menurut beberapa ahli Nyamuk pembawa virus dengue dari genus Flavivirus, famili Flaviviridaei butuh 10 sampai 14 hari untuk pembiakannya atau siklusnya.

Virus Dengue penyebab Demam Dengue (DD), Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Dengue Shock Syndrome (DSS) termasuk dalam kelompok B Arthropod Virus (Arbovirosis) yang sekarang dikenal sebagai genus Flavivirus, famili Flaviviride, dan mempunyai 4 jenis serotipe, yaitu: Den-1, Den-2, Den-3, Den-4.

Menurut dr Eka Surya Nugraha SpPD upaya yang paling efektif untuk mencegah DBD ini adalah  “3M Plus”, yaitu

  • Menutup lubang,
  • Mengubur kaleng bekas, dan
  • Menguras air di bak secara teratur
Mengenal Lebih Dekat Demam Berdarah Dengue | Hendry Setio Prakoso | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya