Benarkah Suara Aneh di Laut Arktik Bersumber dari Paus?

Share:

paus-diposkan

Diposkan.com – Baru-baru ini masyarakat yang tinggal di kawasan Laut Arktik dekat Kanada dihebohkan dengan kemunculan suara mirip siulan dan dengung. Beberapa penduduk yang tinggal di sekitar kawasan tersebut mengaku suara misterius tersebut mampu membuat makhluk hidup lain melarikan diri saat mendengar suara tersebut.

Untuk mencari apa penyebab dan asal adanya suara misterius tersebut Canadian Department of National Defence (DND) memerintahkan pesawat militer untuk melakukan investigasi setelah adanya permintaan bantuan dari pihak otoritas area Nunavut di Kanada x.

Mengutip dari CNN Indonesia (07 November 2016) Situs Motherboard Vice mewartakan, setelah kru militer kembali, mereka tidak menemukan bukti apapun terkait suara misterius itu, kecuali beberapa paus dan anjing laut.

“Kru angkatan udara menggunakan berbagai multisensor untuk mencari sumber suara dengung tersebut selama 1,5 jam. Mereka tidak mendeteksi ada anomali suara,” ujar juru bicara DND Ashley Lemire.

Ashley juga menjelaskan bahwa tidak terdeteksi adanya kontak permukaan atau sub permukaan. Namun, ditemukan terdapat enam anjung laut dan dua kelompok paus di sana.

Baca Juga:   Fitur Baru Instagram Bisa Saring Komentar yang Tidak Diinginkan

Sehingga dugaan terakhir mereka bahwa suara bising tersebut bersumber dari mahkluk hidup seperti paus.

Sebelumnya pada tahun 2014 silam suara aneh yang diduga berasal dari paus Beluga direkam oleh peneliti hewan di Danau Champlain yang membentang di perbatasan AS dan Kanada.

“Paus Beluga dan Narwhal menggunakan ekolokasi secara umum. Kemampuan tersebut memang mungkin menakut-nakuti ikan laut lain yang menjadi makanan si paus, tapi tidak mungkin membuat kabur makhluk hidup secara luas,” ujar profesor Steve Ferguson.

Fergusson mengungkapkan bahwa Tidak mungkin suara dari para paus ini sifatnya seperti dengung atau siul. Menurutnya suara misterius tersebut berasal dari manusia.

Bahkan para aktivis Greenpeace sempat dituding yang menghasilkan bunyi tersebut untuk mengusir mahkluk hidup laut lain agar tidak menjadi sasaran perburuan. Namun hal tersebut dibantah.

Benarkah Suara Aneh di Laut Arktik Bersumber dari Paus? | Ari Purwanti | 4.5 | Tag: bandara di arktik, hewan aneh dilaut, hewan2 aneh di indonesia, makhluk aneh, makhluk aneh berbunyi seperti suara anjing

Kirim Komentar

Berita Lainnya