Jokowi Tinjau Pembangunan Tol Becakayu

Share:

diposkan-tol-becakayu2

Diposkan.com – Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja peninjauan perkembangan proyek infrastruktur pada awal pekan ini . Kali ini, mega proyek jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu, atau dikenal Becakayu, yang mangkrak sekitar 22 tahun, disambangi Presiden karena pembangunannya telah mencapai 90 persen.

Pembangunan jalan tol ini yang terdiri dari dua seksi, yakni seksi satu dari Jalan Kasablanca hingga Jaka Sampurna sepanjang 11 kilometer dan seksi dua dari Jaka Sampurna hingga Duren Jaya sepanjang 10,04 km.  Artinya, tol itu nantinya akan menghubungkan Bekasi ke Jakarta sepanjang 21,042 kilometer.

Jokowi di sela-sala kunjungannya mengungkapkan, kemacetan di jalur tersebut sudah tidak bisa ditolelir. Sehingga, sangat mendesak untuk pengerjaan jalan tol ini diselesaikan

“Maret 2017, sepanjang delapan kilometer sudah dibisa dipakai. Saya hanya ingin memastikan yang Maret itu delapan km itu sudah bisa dipakai, itu penting sekali, kemacetan sudah terlalu parah,” jelas Jokowi seperti yang dilansir viva.co.id, saat berkunjung ke lokasi proyek didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno.

Baca Juga:   Menteri Perdagangan Langsung Atasi Harga Bahan Pokok Naik

Jalan tol yang diinisiasi pada era Orde Baru oleh Presiden Soeharto yang terhenti setelah adanya krisis ekonomi yang menghantam pada 1998, investor kabur dan akhirnya tol tersebut terbengkalai. Di era Presiden Susilo Bambang Yudoyono, pembangunan kembali tol tersebut baru sedikit diseriusi pada akhir-akhir kepemimpinannya.

Pada Oktober 2014, Menteri Pekerjaan Umum yang kala itu dijabat Djoko Kirmanto, di menit-menit terakhir ditugasi SBY untuk secara seremonial melakukan pencanangan kembali pembangunan tol tersebut.

Pada 2015 Jokowi memulai kembali pembangunan tol tersebut. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) mengumumkan penyaluran kredit sindikasi untuk konsiorsium pengembang tol tersebut, yang dipimpin  PT Waskita Karya Tbk (WSKT), dengan nilai  kredit lebih dari Rp5 triliun.

Jokowi Tinjau Pembangunan Tol Becakayu | Fisika Fikri | 4.5 | Tag: perkembangan mega proyek jokowi

Kirim Komentar

Berita Lainnya