KKP Bangun Roadmap Industri Perikanan

Share:

diposkan-industri-perikanan

Diposkan.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah menyiapkan peta jalan atau roadmap untuk meningkatkan industri bidang perikanan dan kelautan. Roadmap ini akan fokus pada industri perikanan dan pembangunan di beberapa daerah di Indonesia untuk memajukan perekonomian di sektor perikanan.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk KKP Nilanto Perbowo mengungkapkan, roadmap dirancang dan dilakukan untuk meningkatkan produktivitas industri perikanan, sekaligus memenuhi permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu.

“Bapak (presiden) ingin kami buat roadmap untuk melihat mana saja proyek perikanan strategis yang bisa dibangun,” ujar Nilanto di Jakarta, Senin (7/11) seperti yang dilansir dari cnnindonesia.com.

Roadmap ini akan mengatur penetapan lokasi pembangunan perikanan, peta lokasi industri perikanan nasional, dan juga masterplan kawasan industri perikanan nasional untuk mewujudkan proyek strategi perikanan nasional. Selain itu, roadmap ini akan menjadi salah satu bentuk perbaikan untuk mencapai visi misi pembangunan kelautan dan perikanan Indonesia, yaitu kelautan yang berdaulat, berkelanjutan, dan mengutamakan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Hal ini pun mencakup pada perbaikan sistem pendaftaran kapal dan perizinan perikanan tangkap berdasarkan prinsip good governance dan potensi alokasi serta sumberdaya perikanan. Nilo menambahkan saat ini fokus pembangunan berdasarkan pada roadmap yang dibuat oleh KKP akan dilakukan pada 12 pulau terluar Indonesia. Mulai dari Aceh hingga Papua.

Baca Juga:   Menkeu Sebut Atur Pajak Seperti Cara Balikan dengan Mantan

“Pengembangan akan dilakukan di pulau terdepan. Ada 12 lokasi untuk saat ini, dari Aceh sampai ke daerah Timur. Dari kawasan (dekat dengan luar negeri) nantinya biar bisa diekspor ke negara tetangga, Thailand, Malaysia, Filipina, hingga Australia,” katanya.

Selain itu, menurut Nilanto, KKP juga akan melakukan revitalisasi untuk pelabuhan perikanan Samudera. Pelabuhan yang saat ini mulai dilakukan revitalisasi adalah pelabuhan Ikan Muara Baru di Jakarta Utara yang saat ini akan dibangun kembali menjadi kawasan pasar ikan modern sekelas Tsukiji di Jepang.

Pembangunan serupa akan segera dibangun dibeberapa lokasi di Indonesia. Saat ini pembangunan masih dilakukan di Muara Baru dan juga akan dibangun juga di Sindang Biru di Malang serta beberapa lokasi lainnya.

KKP Bangun Roadmap Industri Perikanan | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya