Ray Tomlinson , Penemu E-mail Tutup Usia

Share:

Ray Tomlinson

Diposkan. Com – Dunia teknologi kembali kehilangan pakarnya. Ray Tomlinson yang dikenal dengan “Bapak” E-mail tutup usia akibat serangan jantung dan meninggal di kediamannya, di Cambridge.

“Dia seorang pelopor teknologi sejati. Ray merupakan orang yang membawa kita pada email di era jaringan komputer awal,” tutur Mike Doble, juru bicara tempat Tomlinson bekerja, Raytheon dilansir dari detikinet.

Tomlinson meninggal di usianya yang cukup tua, yakni 74 tahun.

Tom pertama kali menciptakan sistem email di tahun 1971 silam, dimana kala itu jaringan komputer ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang merupakan cikal bakal internet, baru beberapa tahun diciptakan.

Tomlinson, dikenal sebaai bagian tim programmer komputer di perusahaan penelitian dan desain Bolt Beranek dan Newman (sekarang BBN Technologies) di Cambridge. Jasa Tomlinson terbilang sangat besar, karena ia berhasil menciptakan sistem yang memungkinkan orang berkirim email dengan host yang berbeda. Penemuan Tomlison dianggap sebuah revolusi teknologi mengingat pada masa itu orang hanya bisa berkirim email dengan menggunakan komputer yang sama.

Baca Juga:   Benarkah Puluhan Karyawan Samsung Meninggal dunia?

Pria berkaca mata ini juga dikenal sebagai penemu lambang @ yang digunakan untuk memisahkan antara nama pengguna dari nama host. Dia memilih simbol yang mudah dikenal oleh masyrakat umum

Di Internet Hall of Fame, dalam halaman biografi resminya, Tomlinson secara fundamental telah mengubah cara orang berkomunikasi. “Hari ini, puluhan juta perangkat email digunakan setiap hari. Email tetap menjadi aplikasi paling populer, dengan lebih dari satu miliar setengah pengguna di dunia berkomunikasi tanpa rentang ruang dan waktu,” tulisnya

Ray Tomlinson , Penemu E-mail Tutup Usia | Ari Purwanti | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya