Awas ! Malware “Accessibility Clickjacking” Ancam 500 juta Perangkat Android

Share:

Mengenal-Apa-Itu-Malware-Dan-Jenis-Jenis-Malware

DIPOSKAN.COM,San Francisco – Sebuah bentuk baru dari malware menghuni sekitar 500 juta perangkat Android dengan menyimpan resiko yang besar. Bernama ‘Accessibility Clickjacking‘, malware ini bisa menjadi salah satu metode cerdik untuk mendapatkan akses ke smartphone seseorang.

Adi Sharabani dan Yair Amit co-founder dari perusahaan keamanan mobile Skycure menyampaikan langsung temuan ini pada akhir pekan lalu dalam konferensi RSA di San Francisco, California, AS, demikian lansir BGR.

Adi dan Yair menjelaskan bahwa , Accessibility Clickjacking merupakan metode yang akan mencoba menggoda seorang pengguna smartphone untuk mengklik sesuatu yang tampaknya tidak berbahaya, tetapi sebetulnya bisa memberikan kesempatan pada para peretas untuk membobolnya.

Berdasarkan penelitian Skycure, Accessibility Clickjacking akan membuat seorang peretas bisa mencuri semua informasi pribadi, dan melakukan kejahatan dengan menggunakan sistem operasi atau aplikasi yang tidak diketahui atau tidak seijin pengguna smartphone.

Peretas akan bisa mengintip dan mengeksploitasi beberapa fasilitas seperti Pesan-pesan tertulis, seperti SMS, email, aplikasi pesan, dokumen pada aplikasi bisnis, dan banyak hal lainnya.

Baca Juga:   Bocoran Smartphone Nokia terbaru Berbalut Metal

Penjahat cyber ini bisa mengganti ijin admin begitu akses dibuka dan bahkan menciptakan akses sendiri untuknya. Ketika hal tersebut terjadi, maka seseorang bisa kehilangan hak masuknya karena kode password yang diganti, atau kehilangan data karena dihapus oleh sang peretas.

Skycure menyebutkan, sekitar 65% dari perangkat Android untuk versi 2.2 hingga 4.4 terancam oleh bahaya ini.

Skycure menyarankan kepada para pengguna agar jangan melakukan klik pada kotak-kotak dialog yang muncul di layar kecuali merasa yakin bahwa itu aman. Hindari juga menggunakan aplikasi dari toko aplikasi dari pihak ketiga serta selalu melindungi perangkat dengan antivirus atau antimalware

Namun Malware ini biasanya akan menghilang dengan sendirinya bila pengguna sudah melakukan update sistem operasi ke Android 5.0 Lollipop.

Awas ! Malware “Accessibility Clickjacking” Ancam 500 juta Perangkat Android | Ari Purwanti | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya